Analisis Posisi Persaingan dalam Upaya Penetrasi Pasar Produk Fast-Food Ayam Goreng Lokal (Studi Kasus pada PT Ayam Goreng Fatmawati Indonesia)
Abstract
Persaingan dalarn industri fast-food ayarn goreng selarna ini didorninasi oleh restoran-restoran fast-food asing, sedangkan beberapa restoran ayarn goreng lokal sebagian besar hanya rnenjadi rnerek-rnerek inferior. Dengan sernakin rneluasnya globalisasi perdagangan, rnerekrnerek lokal akan sernakin terpuruk jika tidak cepat-cepat rnelakukan upaya perbaikan. Pada penelitian ini dilakukan analisis posisi persaingan dalarn upaya penetrasi pasar produk ayarn goreng lokal dengan rnengarnbil studi kasus pada PT Ayarn Goreng Fatmawati Indonesia (PT AGFI) seiaku pengelola resioran ayarn goreng Fatrnawati. Analisis posisi pasar dilakukan dengan rnernplotkan posisi ayarn goreng Fatrnawati dalern benak konsurnen diantara produk-produk ayarn goreng yang telah mendorninasi pasar. Posisi produk dalarn benak konsurnen dianalisis dengan rnensintesa proses pengarnbilan keputusan konsurnen dalarn pernbelian produk fast-food ayarn goreng. Evaluasi terhadap rnerek ayarn goreng Fatrnawati dilakukan dengan rnernbandingkan produk tersebut dengan produk-produk ayarn goreng yang telah rnendorninasi pasar dengan rnetode proses hierarki analitik (PHA). Pengernbangan strategi PT AGFl selaku pengelola restoran ayarn goreng Fatrnawati dilakukan berdasarkan analisis lingkungan perusahaan dengan rnetode SWOT.