Kajian Pemanfaatan Internet Sebagai Alternatif Media Pemasaran Produk Hortikultura Bunga Potong (Studi Kasus : PT. Infohort Multimedia Indonesia)
Abstract
lndonesia merupakan salah satu negara pertanian sedang mengalami krisis ekonomi. Dengan didukung oleh posisi lndonesia yang berada pada wilayah katulistiwa dan kondisi tanah yang subur, rnenempatkannya sebagai salah satu produsen produk pertanian di Asia.. Salah satu produk yang memiliki prospek untuk ekspor adalah bunga potong. Hal ini terlihat dari nilai ekspornya yang mengalami peningkatan sebesar 15,l persen pertahunnya. Bahkan nilai ekspor bunga potong lndonesia telah rnencapai puncaknya pada tahun 1997 yaitu sebesar Rp17.325.541.450. Evolusi perdagangan tak lepas dari pengaruh proses globalisasi yang bergerak makin cepat sehingga terjadi saling ketergantungan antar pihak yang berkepentingan. Kenyataan ini rnendorong dibuatnya berbagai konvensi internasional untuk menciptakan suatu bentuk perdagangan yang lebih bebas, terbuka dan terstandarisasi. Salah satu hasil evolusi perdagangan adalah Cyber market. Cyber market merupakan suatu mekanisme perdagangan dengan dengan basis transaksi digital. Dalam bidang pertanian, rnunculnya sistern pernasaran baru ini dapat membantu menciptakan peningkatan daya saing dalarn perdagangan produk yang menguntungkan petani dan konsurnen.