Analisis pengaruh situasi konsumen terhadap perilaku Impulse Buying: Studi Hypermarket Giant Taman Yasmin, Bogor
Abstract
Jumlah penduduk Indonesia yang besar menjadi peluang bagi para
pemasar untuk menjalankan usahanya. Salah satu bisnis yang mulai berkembang
di Indonesia adalah bisnis ritel modem. Perkembangan bisnis ritel terjadi cukup
cepat yang ditandai dengan semakin banyaknya ritel modern yang hadir di
Indonesia. Kondisi ini menimbulkan persaingan antar ritel di Indonesia sehingga
terjadi perang strategi antar ritel. Mereka menggunakan hampir seluruh bagian
toko untuk melaksanakan strategi mereka. Hal ini dilakukan karena mereka
menyadari bahwa sebagian besar konsumen di Indonesia tidak melakukan
perencanaan dalam membeli suatu produk dan salah satu cara yang dapat
dilakukan untuk mendorong pembelian impulsif adalah dengan memanfaatkan
aspek situasi konsumen. Pihak Giant Taman Yasmin telah berusaha
memanfaatkan aspek situasi konsumen dengan tujuan untuk mendorong perilaku
impulse buying dari para konsumen. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian
untuk mengetahui pengaruh karakteristik konsumen terhadap perilaku impulse
buying Tujuan dari penelitian adalah: (1) Mengidentifikasi perilaku pembelian
impulsif konsumen Giant Taman Yasmin, (2) Menganalisis pengaruh karakteristik
situasi konsumen terhadap perilaku pembelian impulsif konsumen Giant Taman
Yasmin, (3) Menganalisis karakteristik situasi konsumen yang paling berpengaruh
terhadap perilaku pembelian impulsif Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer bersumber dari konsumen Giant Taman Yasmin serta dari manager marketing dan manager HRD Giant Taman Yasmin. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi pustaka berupa data perusahaan, buku, jurnal, dan literatur lain yang terkait dengan penelitian yang sedang dilakukan. Penentuan jumlah sampel dilakukan secara purposive dengan memperhatikan syarat dari metode analisis yang digunakan Analisis data untuk mengetahui hubungan antar variabel laten dalam penelitian dilakukan menggunakan metode structural equation modelling (SEM) dengan menggunakan bantuan software LISREL 8.30. Hasil penelitian menyatakan bahwa tingkat perilaku impulse buying
konsumen Giant Taman Yasmin tergolong sedang. Analisis SEM menyatakan karakteristik lingkungan fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku impulse buying dengan nilai loading factor (y) sebesar 0,38 dan t-value sebesar 2,00, sedangkan keempat karakteristik situasi konsumen lainnya memiliki nilai loading factor dan t-value masing-masing lingkungan sosial sebesar 0,087, karakteristik waktu sebesar -0,071, tujuan sebesar -0,012, dan suasana hati sebesar -0,019 dimana keempat karakteristik tersebut memiliki nilai t-value di bawah 1,96. Karakteristik lingkungan fisik memiliki pengaruh paling besar terhadap perilaku impulse buying karena memiliki nilai loading factor (y) yang paling besar, yaitu 0,38. Hasil penilaian Goodness of Fit (GOF) menyatakan model memiliki nilai chi-square sebesar 53,41, p-value sebesar 0,38183, CMIN/df sebesar 1,047, RMSEA sebesar 0,022, GFI sebesar 0,94, dan nilai AGFI sebesar 0,90. Dari nilai-nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa model yang digunakan dalam penelitian ini dinyatakan baik dan dapat diterima.
Collections
- UT - Management [3476]