Preferensi konsumen terhadap ikan kaleng (Canned Fish) di Pasar Swalayan Mega M. Depok
View/ Open
Date
1998Author
Cahyani, Dewi Rina
Nurhayati, Popong
Sobari, Moch Prihatna
Metadata
Show full item recordAbstract
Produksi perikanan sifatnya musiman, pusat produksi yang seringkali berjauhan dengan pusat
konsumsen, kondisi iklim tropik dan ikan yang mudah busuk, maka perlu dilakukan diversifikasi
produk dengan cara menciptakan suatu bentuk produk baru melalui suatu proses kegiatam
transformasi produk perikanan primer menjadi produk olahan jadi maupun produk setengah jadi. Salah satu bentuk diversifikasi produk adalah ikan kaleng.
Pemasaran adalah kegiatan penyampaian produk ke tangan konsumen. Keberadaan pasar swalayan sebagai salah satu bentuk lembaga pemasaran tampaknya tidak dapat dihindari karena hal ini tidak
terlepas dari adanya spesifikasi dan diversifikasi profesi serta perubahan pola demografi dan
struktur sosial masyarakat. lkan kaleng yang sebelumnya hanya dipasarkan melalui pasar
nonswalayan (tradisional) saja, saat ini oleh produsen sudah mulai dipasarkan di pasar swalayan.
Pasar Swalayan Mega M Depok adalah salah satu pasar swalayan yang menjual ikan kaleng dengan
berbagai macam merek, ukuran, harga, bentuk kemasan dan juga rasa. Kondisi tersebut akan membawa dampak pada persaingan antar merek bahkan juga antar produk ikan kaleng.
Collections
- UT - Management [3374]