Peningkatan mutu ban radial penumpang melalui penerapan metode Quality Function Deployment (QFD): kasus PT. Good Year Indonesia Tbk. Bogor
Abstract
Tahun 2005 terdapat kebijakan kenaikan harga BBM (Bahan Bakar Minyak), khususnya bensin. Hal ini berdampak pada permintaan masyarakat terhadap mobil sebagai sarana transportasi darat, kebutuhan pribadi maupun sebagai penunjang pekerjaan menjadi menurun. Kondisi tersebut diikuti pula dengan menurunnya permintaan terhadap ban mobil. Menurunnya tingkat penjualan ban mobil radial tersebut, tidak mengakibatkan menurunnya tingkat persaingan antar produsen ban mobil. Tingkat persaingan bisnis ban di pasaran bahkan menjadi semakin ketat. Konsumen menyadari pentingnya pemakaian ban bagi keselamatan diri saat berkendara. Karena itu mutu suatu ban sangat diperhitungkan sekali untuk menghindari suatu hal yang tidak diinginkan. Setiap produsen ban dengan demikian berusaha untuk menghasilkan mutu ban yang terjamin.
Pada umumnya konsumen menuntut suatu ban dibeli dengan harga yang kompetitif. Dalam pemakaiannya ban tersebut dapat memberikan rasa aman dan nyaman yang tinggi yang juga didukung dengan pola desain ban yang menarik. Untuk dapat dijual dengan harga yang kompetitif, produsen tidak mungkin memenuhi semua yang diinginkan konsumen tersebut sekaligus. Produsen memiliki keterbatasan keterbatasan khususnya dalam hal biaya dan sumber daya.Quality Function Deployment (QFD) merupakan suatu metode yang dapat digunakan untuk menentukan prioritas atribut yang diinginkan konsumen. Keinginan konsumen ini harus diterjemahkan pada apa yang dapat dilakukan oleh produsen dengan berpegang pada harga jual harus tetap terjangkau dan
hemat bahan bakar. Permasalahan utama yang dihadapi oleh PT Goodyear Indonesia, Tbk. adalah bahwa ban radial penumpang Goodyear bukan merupakan pemimpin pasar di pasar domestik dan adanya penurunan permintaan terhadap ban tersebut di pasaran serta didukung adanya keluhan dari distributor Goodyear seperti telapak ban terpotong, sabuk ban terpisah dan benjol sehingga menuntut adanya suatu peningkatan mutu dari PT Goodyear Indonesia, Tbk., selaku produsen ban Goodyear. Peningkatan mutu dapat dilakukan dari segi atribut mutu baik harga, kenyamanan, keamanan atau pola desain ban.Salah satu cara dalam meningkatkan mutu ban agar keinginan dan harapan konsumen dapat terpenuhi dengan mengimplementasikan metode QFDMetode QFD yang diimplementasikan juga diselaraskan dengan kemampuan produsen untuk mendefinisikan keinginan dan harapan konsumen yaitu menyediakan dan memproduksi ban dengan harga jual harus tetap terjangkau dan hemat bahan bakar.
Collections
- UT - Management [3465]