Analisis strategi pemasaran jasa Aya Mobil travel tujuan Depok-Bandung
Abstract
Jasa travel merupakan salah satu sektor jasa yang sedang berkembang. Salah satu tujuan yang juga sedang mengalami pertumbuhan, yaitu travel tujuan Bandung. Apalagi sejak dibukanya tol Cipularang yang membuat waktu yang dihabiskan menjadi semakin singkat, sehingga peluang menyediakan jasa travel yang tepat dan cepat di pasar ini menjadi semakin terbuka lebar. Aya Mobil merupakan salah satu penyedia jasa travel tujuan Depok-Bandung. Dalam menghadapi pasar yang semakin kompetitif, Aya Mobil harus merumuskan strategi pemasaran yang tepat agar mampu bersaing.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui dan mengevaluasi strategi pemasaran yang dijalankan oleh Aya Mobil saat ini, 2) Mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, serta peluang dan ancaman yang dihadapi Aya Mobil, dan 3) Merumuskan strategi pengembangan perusahaan khususnya bidang pemasaran yang paling tepat untuk Aya Mobil dalam menghadapi pasar yang kompetitif.
Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak Aya Mobil dan pihak-pihak yang terkait seperti petugas dinas perhubungan dan konsumen ahli. Data primer digunakan sebagai acuan utama penelitian. Data sekunder diperoleh dari profil dan informasi lainnya yang berhubungan dengan strategi pemasaran jasa travel. Selain itu, data sekunder diperoleh dari artikel terkait, internet, dan berbagai data dari pihak Dinas Perhubungan Jawa Barat.
Penyusunan penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu tahap masukan, tahap pencocokan dan tahap pemilihan strategi. Pada tahap masukan digunakan alat analisis Internal Factor Evaluation (IFE) dan Eksternal Factor Evaluation (EFE). Pada tahap pencocokan digunakan alat analisis SWOT (Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman), Matriks Internal – Eksternal (IE) dan untuk penyaringan strategi digunakan Metoda Bayes. Pada tahap akhir tahap pemilihan strategi digunakan alat analisis Analytical Hierarchy Process (AHP). Dalam perhitungan data dibantu oleh Expert Choice 2000 dan Microsoft Excel 2007.
Faktor internal yang paling berpengaruh terhadap penentuan strategi pemasaran jasa Aya Mobil, yaitu harga yang terjangkau (0,584). Faktor lingkungan eksternal yang paling berpengaruh pada penentuan strategi pemasaran jasa Aya Mobil, yaitu makin banyaknya orang yang suka berlibur ke Bandung terutama saat libur panjang (0,554). Alternatif strategi yang paling baik untuk diterapkan adalah alternatif strategi peningkatan kualitas layanan (0,299). Peningkatan kualitas layanan yang dapat dilakukan antara lain dengan meningkatkan keramahan karyawan baik itu bagian reservasi maupun sopir, penyediaan ruang tunggu yang nyaman, dan pengurangan waktu keterlambatan. dengan peningkatan kualitas layanan diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga mau terus menggunakan jasa Aya Mobil.
Collections
- UT - Management [3476]