Analisis proses dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk kerajinan kayu ukir Jepara: Studi kasus di Kecamatan tahunan, Kecamatan Mlonggo dan Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
Abstract
Total nilai ekspor industri kecil rnenunjukkan peningkatan yang sangat rnenggernbirakan,
sektor industri kayu olahan tergolong sebagai salah satu sub industri kecil yang cukup dirninati
jika dibandingkan dengan sektor lainnya. Industri kerajinan kayu rnerupakan bagian dari industri
kayu olahan yang terrnasuk ke dalarn sernbilan sub sektor industri kecil dengan tingkat penyerapan
tenaga rnenernpati urutan kedua terbesar. Peningkatan jumlah unit usaha industri kerajinan
kayu akan menirnbulkan darnpak persaingan yang sernakin ketat. Jepara merupakan salah satu kota
yang rnenjadi sentral industri kerajinan kayu terbesar di Indonesia.
Dalarn rnenghadapi persaingan yang semakin ketat, banyak usaha yang dilakukan oleh
perusahaanantara lain memahami selera konsumen. Bagi para produsen, pengetahuan mengenai perilaku konsurnen dan faktor-faktor yang rnempengaruhinya akan bennanfaat dalam menentukan strategi pernasaran. Berdasarkan permasalahan di atas, mal<a penelitian ini bertujuan untuk : (I)
menganalisis tahap-tahap proses keputusan pembelian produk kerajinan kayu ukir Jepara
oleh konsumen, (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi proses keputusan pembelian tersebut dan (3) Menganalisis irnplikasi faktor-faktor yang mempengaruhi proses keputusan terhadap strategi pemasaran produk kerajinan kayu ukir Jepara.
Collections
- UT - Management [3354]