Analisis Strategi Bauran Promosi produk perahu karet pada PT Boogie Advindo, Bogor, Jawa Barat
Abstract
Kebutuhan masyarakat Indonesia akan perahu karet dipengaruhi oleh
berbagai alasan yaitu merek, harga, kualitas, fungsi dan jaminan garansi. PT
Boogie Advindo yang berdiri sejak tahun 1991 dan sudah memproduksi perahu
karet untuk Arung Jeram sejak tahun 1995 merupakan perusahaan lokal yang
pertama kali memproduksi perahu karet dan merupakan produk perahu karet lokal
pertama yang mendapatkan ISO 9001-2000.
Tujuan dilakukannya penelitian di PT Boogie Advindo untuk (1)
Mengidentifikasi bentuk kegiatan promosi yang dilakukan oleh PT Boogie
Advindo dalam menarik konsumen, (2) Mengkaji faktor-faktor yang
mempengaruhi penyusunan strategi promosi oleh perusahaan, (3) Mendapatkan
alternatif strategi bauran promosi yang sesuai bagi perusahaan. Data primer
diperoleh dengan melakukan pengamatan langsung (observasi), wawancara
kepada tiga pihak manajemen perusahaan yaitu Direktur Utama, Manajer
Pemasaran dan Manajer Keuangan. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui
instansi-instansi terkait dan studi literatur yang relevan dengan penelitian. Analisis
penelitian menggunakan metode Analisis Hirarki Proses (AHP) dengan bantuan
software Expert Choice 11 dan Microsoft Exel 2007.
Bauran promosi yang sudah dilakukan oleh perusahaan berupa promosi
melalui media interaktif yaitu adanya website perusahaan, pemasaran langsung
dengan mempresentasikan produk langsung kepada calon konsumen melalui
email, telepon ataupun faksimile, penjualan personal dengan mendatangi langsung
kantor lembaga pemerintahan atau swasta, lembaga pendidikan dan konsumen
individu untuk mempromosikan produk perahu karet melalui katalog ataupun
slide show.
Berdasarkan perhitungan vertikal AHP menunjukan bahwa alternatif yang
menjadi prioritas utama yaitu lebih aktif dalam melakukan promosi (0,310),
tujuan yang ingin dicapai perusahaan yaitu meningkatkan awareness (0,375),
aktor yang paling berpengaruh dalam kegiatan promosi adalah Direktur Utama
(0,401), dan faktor yang menjadi prioritas strategi bauran promosi adalah
anggaran promosi (0,349).
Collections
- UT - Management [3373]