Analisis pengaruh efektivitas pola komunikasi vertikal organisasi terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Jakarta
Abstract
Komunikasi vertikal dalam organisasi antara pimpinan dan karyawan
merupakan faktor penting dalam kesuksesan sebuah perusahaan karena menyangkut
distribusi instruksi, perintah, dan aturan kerja sehingga perlu dijaga agar berjalan
dengan baik dan efektif. Komunikasi vertikal yang efektif akan mampu berkontribusi
dalam peningkatan produktivitas kerja karyawan pada Kantor Pusat PT. Bank
Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) di Jl. Jenderal Sudirman Kav.1 Jakarta. BNI
merupakan bank terbesar ke-4 di Indonesia (Indonesia Banking Statistic 2011)
sehingga dituntut untuk memiliki produktivitas yang tinggi agar dapat bersaing
dengan kompetitor di dunia perbankan. Pencapaian produktivitas kerja karyawan
merupakan aset utama BNI (BNI Annual Report 2010) yang harus ditingkatkan
untuk mencapai tujuan perusahaan, salah satunya dengan memperhatikan hubungan
antara atasan dan bawahan. Hal ini didukung hasil penelitian oleh Clampitt dan
Downs (1993) yang menghasilkan fakta bahwa komunikasi memiliki pengaruh yang
sangat kuat hampir sebesar 50% terhadap produktivitas, melihat hal ini, perlu
diadakan penelitian yang melihat sejauh mana efektivitas pola komunikasi vertikal di
Kantor Pusat BNI sudah berjalan dan pengaruh yang ditimbulkan terhadap
produktivitas kerja karyawan mengingat bahwa produktivitas kerja karyawan
merupakan aset paling utama BNI.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pencapaian pola komunikasi
vertikal di Kantor Pusat BNI sudah tergolong baik atau masih perlu ditingkatkan,
kemudian untuk mengetahui efektivitas pola komunikasi vertikal tersebut, dan
melihat pengaruh efektivitas pola komunikasi vertikal terhadap produktivitas kerja
karyawan di Kantor Pusat BNI saat ini.
Sumber data untuk penelitian ini terdiri dari data primer berupa wawancara dan
kuesioner kepada 40 responden dengan metode Convenience sedangkan data
sekunder diperoleh dari literatur, internet, dan buku laporan tahunan BNI tahun
2010. Alat analisis yang digunakan yaitu Analisis Regresi Berganda dengan
menggunakan software SPSS 16,0.
Hasil penelitian dengan analisis regresi berganda menghasilkan persamaan
yaitu Y = 47,644 + 0,444 X1 + 0,885 X2, dimana nilai untuk produktivitas kerja
sebesar 47,644, komunikasi vertikal sebesar 0,444, dan efektivitas komunikasi
vertikal sebesar 0,885. Hasil lainnya menyatakan bahwa komunikasi di Kantor Pusat
BNI sudah baik dengan penilaian skor rataan sebesar 3,8 (skala penilaian 1-5), pola
komunikasi vertikal BNI sudah efektif dengan skor rataan sebesar 4,15 dan masing –
masing variabel independen yaitu komunikasi vertikal dan efektivitas komunikasi
vertikal memiliki pengaruh yang positif secara simultan dan parsial terhadap
produktivitas kerja karyawan pada Kantor Pusat BNI.
Collections
- UT - Management [3372]