Perilaku Konsumen Kerupuk Udang di Perumahan Dumai lndah, Kelurahan Klegen, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur
View/ Open
Date
2005Author
Wardhani, Enggarning Dwi
Nurhayati, Popong
Farmayanti, Narni
Metadata
Show full item recordAbstract
Keputusan konsumen membeli kerupuk udang, dipengaruhi pendapatan yang
dimiliki konsumen. Perilaku konsumen dalam proses pengambilan keputusan
pembelian produk umumnya berbeda-beda.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen mengenai
tahap-tahap pengambilan keputusan pembelian kerupuk udang dan pengaruh variabel
pendapatan terhadap konsumsi kerupuk udang.
Hasil penelitian menunjukkan tahap-tahap pengambilan keputusan pembelian
kerupuk udang adalah pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif,
pembelian dan hasil. Motivasi konsumen membeli kerupuk udang karena rasa yang
enak. Manfaat membeli kerupuk udang adalah sebagai pendamping makanan utama.
Keluarga adalah sumber informasi konsumen mengenai kerupuk udang. Harga
kerupuk udang adalah sedang. Penjual, iklan kerupuk udang dan teman atau tetangga
tidak mempengaruhi konsumen membeli kerupuk udang. Konsumen mudah
mendapatkan kerupuk udang. Konsumen memilih kerupuk udang karena lebih
bergizi daripada kerupuk lain. Rasa merupakan pertimbangan utama pembelian,
indikator kualitas dan fokus perhatian konsumen. Istri paling berpengaruh
memutuskan pe.rnbelian. Konsumen memutuskan pembelian kerupuk udang
tergantung situasi. Konsumen membeli di toko/warung karena dekat dengan rumah
dan membeli kerupuk udang kemasan 500 gram. Konsumen puas, bersedia membeli
lagi dan tetap membeli jika harga kerupuk udang naik. Konsumen rrielalui semua
tahapan keputusan pembelian kerupuk udang.
Pendapatan yang dimiliki konsumen mempengaruhi konsumsi kerupuk udang
konsumen per buian. Semakin tinggi tingkat pendapatan rumah tangga per bulan,
maka semakin tinggi pula tingkat konsumsi kerupuk udang rumah tangga per bulan.
Collections
- UT - Management [3476]