Hubungan status gizi dan status anemia dengan daya ingat sesaat siswa di SDN Pasanggrahan 1, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta
Abstract
Kekurangan zat gizi makro dan zat gizi mikro mempunyai dampak negatif terhadap anak perkembangan, termasuk fungsi kognitif anak. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan status gizi dan status anemia terhadap pendek anak term memory di SDN Pasanggrahan 1. Studi cross sectional
desain yang digunakan dalam penelitian ini. Lima puluh anak dari sekolah dasar ini adalah dipilih secara purposive sampling, namun hanya tiga puluh sembilan anak yang memenuhi syarat persyaratan. Tes memori jangka pendek yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan cara memberi beberapa kata yang harus dipelajari oleh anak dan kemudian diambil kata-katanya. Data tadi diproses oleh Microsoft Excel 2007 dan SPSS 16.0 untuk Windows. Hasil menunjukkan bahwa skor rata-rata sampel memori jangka pendek di pagi hari adalah lebih tinggi dari skor di sore hari. Status gizi mempunyai hubungan positif terhadap skor memori jangka pendek pada sore hari (p<0,1) dan pengetahuan gizi
korelasi positif terhadap skor memori jangka pendek pada pagi dan sore hari (hal<0,1).
Collections
- UT - Nutrition Science [2865]