Analisis citra merek dalam pengambilan keputusan pembelian smartphone: studi kasus mahasiswa S1 Institut Pertanian Bogor
View/ Open
Date
2010Author
Suryaningrum, Erni
Muhammad, Indrawan,Dikky
Syamsun, Muhammad
Indrawan, Dikky
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkembangan perekonomian telah membuat kemajuan yang pesat dalam
bidang usaha. Persaingan di pasar smartphone pun menjadi semakin seru. Oleh
karena itu, para produsen smartphone perlu mengetahui bagaimana sebenarnya
citra dari produk smartphone dimata para konsumen serta seberapa besar persepsi
konsumen tersebut mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan
untuk (1) Menganalisis kekuatan citra merek smartphone di kampus Institut
Pertanian Bogor Dramaga, (2) Menganalisis atribut-atribut yang menjadi dasar
kosumen dalam melakukan pembelian smartphone di kampus Institut Pertanian
Bogor Dramaga, (3) Menganalisis hubungan antara citra merek dengan keputusan
konsumen dalam melakukan pembelian smartphone di kampus Institut Pertanian
Bogor Dramaga. Alat analisis dalam penelitian ini adalah uji Cochran, analisis
diskriminan dan analisis Buying Decision Proces. Pengolahan data dalam
penelitian ini menggunakan program Microsoft Excel 2007, SPSS version 16.00
for windows dan Minitab 15.Citra merek yang dimiliki Blackberry adalah
kemampuan menampung kapasitas memori eksternal yang besar, produk tahan
lama serta spesifikasi produk sesuai dengan yang ditawarkan. Semua atribut yang
dimiliki merek Blackberry adalah keunggulan bagi produknya, jika dihadapkan
pada pertanyaan membeli atau tidak tentu saja konsumen akan membeli produk
Blackberry dibandingkan produk lain yang sejenis. Atribut yang paling unggul
pada merek Blackberry adalah kemampuan produk untuk mengunduh aplikasi
jaringan sosial tinggi (facebook, twitter, dll), kemampuan produk untuk
mengunduh aplikasi chatting (YM, MSN, Gtalk, dll) tinggi, kemampuan
menjalankan internet cepat. Secara keseluruhan tidak terdapat keterkaitan antara
citra merek dengan yang dimiliki masing-masing merek smartphone dengan
pengambilan keputusan konsumen. Hal tersebut dapat dilihat dari atribut-atribut
yang tedapat pada kedua analisis tersebut. Tidak terdapat kesamaan antara atribut
yang terdapat pada analisis citra merek dengan analisis pengambilan keputusan
pembelian oleh konsumen.
Collections
- UT - Management [3373]