Perilaku gizi, status gizi, dan morbiditas pada anak SD di Kota Bogor
View/ Open
Date
2010Author
Herdhiati
Kustiyah, Lilik
Furkon, Leily Amalia
Metadata
Show full item recordAbstract
Anak usia sekolah merupakan investasi bangsa yang sangat berharga. Kualitas bangsa di masa depan ditentukan kualitas anak-anak saat ini. Untuk itulah upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia harus dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan. Salah satunya adalah dengan pengoptimalan tumbuh kembang anak. Salah satu faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak usia sekolah secara optimal adalah status gizi.
Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengkaji perilaku gizi, status gizi, dan morbiditas pada anak SD di kota Bogor. Sedangkan tujuan khususnya adalah,
1. Mengkaji karakteristik contoh (anak SD di kota Bogor) dan orang tuanya.
2. Mengkaji tingkat pengetahuan dan sikap gizi serta kebiasaan makan anak SD di kota Bogor.
3. Mengkaji status gizi anak SD di kota Bogor.
4. Mengkaji kebiasaan jajan anak SD di kota Bogor.
5. Mengetahui morbiditas anak SD di kota Bogor.
6. Menganalisis hubungan antara pengetahuan dan sikap gizi serta kebiasaan makan anak SD di kota Bogor.
7. Menganalisis hubungan antara perilaku gizi dengan status gizi pada anak SD di kota Bogor.
8. Menganalisis hubungan antara status gizi dengan morbiditas pada anak SD di kota Bogor.
Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional study yang dilakukan di satu SD Negeri, satu SD Swasta, dan satu Madrasah Ibtidaiyah di kota Bogor. Pemilihan lokasi sekolah dasar dilakukan secara purposive, yaitu sekolah dasar yang berada di wilayah kota Bogor dan bersedia untuk dijadikan sampel penelitian. Penelitian ini berlangsung selama empat bulan, yaitu bulan April-Juli 2010. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian yang berjudul “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Kapasitas Sekolah Dasar Menuju Perilaku Gizi Seimbang Di Kota Bogor”.
Jenis data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data sekunder. Data primer meliputi karakteristik contoh, karaktersitik sosial ekonomi keluarga contoh, pengetahuan gizi, sikap gizi, kebiasaan makan, kebiasaan jajan, dan penyakit infeksi yang diderita oleh contoh. Sedangkan data sekunder yang dikumpulkan adalah mengenai gambaran umum sekolah yang diperoleh dari data administrasi sekolah.
Data yang dikumpulkan kemudian diolah dan dianalisis secara deskriptif menggunakan program Microsoft Excell 2007 dan uji korelasi dengan menggunakan SPSS 16.0 for Windows. Pengolahan data yang dilakukan berupa entry, editing, coding, scoring, dan cleaning. Untuk mengetahui hubungan antar variabel digunakan uji korelasi Pearson dan Spearman. Data yang dianalisis secara deskriptif diantaranya karakeristik anak, karakteristik keluarga, dan perilaku gizi. Hubungan antar variabel dianalisis dengan menggunakan uji korelasi Pearson dan Spearman. Adapun data yang dikorelasikan adalah pengetahuan dan sikap gizi serta kebiasaan makan menggunakan uji korelasi Pearson. Sedangkan hubungan antara status gizi (z-skor) dengan frekuensi jajan, status gizi dengan morbiditas (jenis, frekuensi, dan lama sakit), dan kebiasaan jajan dengan morbiditas dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman.
Collections
- UT - Nutrition Science [2902]