Analisis Kualitas Layanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen di Lotte Mart Wholesale Yasmin Bogor
Abstract
Perkembangan bisnis di kota Bogor mengalami pertumbuhan yang cukup
pesat, salah satunya bisnis ritel yang mengusung konsep pusat perbelanjaan
modern. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik konsumen,
menganalisis tingkat kepuasan konsumen berdasarkan atribut kualitas layanan,
menganalisis korelasi antara karakteristik konsumen terhadap kepentingan dan
kepuasan konsumen. Data yang digunakan berupa data primer (wawancara dan
kuesioner) dan data sekunder (jurnal, skripsi, informasi internet, buku terkait
penelitian dan instansi terkait). Metode analisis yang digunakan meliputi Analisis
deskriptif, Importance Perfomance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index
(CSI) dan Chi Square. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukan
karakteristik konsumen didominasi oleh perempuan,domisili di Bogor, rentang
usia 18-25 dan pendapatan rata-rata sebesar <Rp.2.500.000 per bulan. Nilai CSI
sebesar 0,76 yang berarti pengunjung merasa “Puas”.Dari kedelapan korelasi
antara karakteristik responden dengan kepuasan dan kepentingan konsumen
dinyatakan tidak terdapat hubungan atau korelasi yang signifikan dengan taraf
alpha 10%
Collections
- UT - Management [3373]