Pengaruh Brand Awareness, Trial, Preference, Halal Awareness, dan Halal Certification terhadap Purchase Intention Produk Starbucks di Jabodetabek
Abstract
Coffee shop di Indonesia memang sedang booming belakangan ini. Salah satu
coffee shop kelas dunia yang dikenal dan menjadi ikon global dalam industri kopi
adalah Starbucks. Starbucks memiliki jaringan toko yang luas di seluruh dunia dan
menjadi satu-satunya brand F&Byangmasuk dalam daftar 10 brand terdepan yang
dinobatkan oleh Asia’s Top 1000 Brands. Pencapaian ini menunjukkan kompetensi
Starbucks dalam pemasaran dan penjualan produknya. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis pengaruh brand awareness, trial, preference, halal awareness,
dan halal certification terhadap purchase intention produk Starbucks di
Jabodetabek. Sumber data yangdigunakan terdiri dari data primer berupakuesioner
dan data sekunder berupa studi literatur. Teknik penarikan sampel pada penelitian
ini menggunakan metode non-probability sampling melaluimetode quota sampling
dengan 300 responden. Metode pengolahan dan analisis data pada penelitian ini
adalah analisis deskriptif dan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
brand awareness, trial, dan preference berpengaruh positif dan signifikan terhadap
purchase intention. Sedangkan variabel halal awareness dan halal certification
tidak berpengaruh signifikan terhadap purchase intention produk Starbucks di
Jabodetabek. Brand awareness memiliki pengaruh paling kuat pada purchase
intention yaitu sebesar 0,404.
Collections
- UT - Management [3455]