Analisis Efektivitas Social media dan Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Es Krim Wall’s Magnum Berdasarkan Karakteristik Pengeluaran (Studi Kasus Mahasiswa Program Strata 1 IPB).
View/ Open
Date
2011Author
Pujasari, Syifa Ratna
Syamsun, Muhammad
Indrawan, R. Dikky
Metadata
Show full item recordAbstract
ngginya persaingan industri es krim di Indonesia membuat para produsen es krim berusaha mempertahankan dan merebut pangsa pasar yang ada. Oleh sebab itu, Wall’s melakukan peremajaan produk pada Wall’s Magnum guna bersaing di industri es krim. Menyadari bahwa era teknologi semakin berkembang dengan maraknya social media, membuat produsen Wall’s Magnum beralih menggunakan social media untuk melakukan promosi word of mouth yang terbukti lebih efektif dan murah. Seiring dengan pola promosi yang dilakukan dan segmentasi yang dituju adalah masyarakat kelas atas, membuat penelitian mengenai efektivitas social media dan faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian Wall’s Magnum berdasarkan karakteristik pengeluaran perlu untuk dilakukan. Tujuan dari penelitian ini untuk (1) Mengetahui efektivitas social media es krim Wall’s Magnum dalam mengkomunikasikan informasinya kepada konsumen berdasarkan karakteristik pengeluaran dan (2) Mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen es krim Wall’s Magnum berdasarkan karakteristik pengeluaran.
Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari hasil penyebaran kuesioner. Data sekunder berasal dari berbagai buku, tulisan ilmiah, dan internet. Penarikan sampel ditentukan dengan teknik convenience sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa program strata 1 IPB yang pernah melihat informasi mengenai Wall’s Magnum di social media dan pernah mengkonsumsi es krim Wall’s Magnum. Analisis data yang digunakan adalah Consumer Decision Model dan Canonical Correlation dengan bantuan MINITAB 14, SPSS 16.00, Ms Excel dan STATISTICA 8.
Berdasarkan hasil analisis Consumer Decision Model (CDM) diketahui bahwa informasi yang disampaikan oleh produsen Wall’s Magnum melalui social media berpengaruh efektif terhadap variabel pada CDM sampai dengan variabel pembelian nyata. Kelompok pengeluaran ≤ Rp 800.000, informasi di social media mengenai Wall’s Magnum efektif sampai mempengaruhi pembelian nyata yang dilakukan konsumen Wall’s Magnum karena setiap model yang ada pada CDM memiliki pengaruh dari variabel informasi di social media hingga variabel pembelian nyata. Kelompok pengeluaran > Rp 800.000, informasi di social media mengenai Wall’s Magnum mampu mengkomunikasikan informasi dengan efektif kepada konsumen hingga timbul pembelian nyata apabila melewati informasi di social media mengenai Wall’s Magnum yang mampu membangun sikap konsumen terhadap Wall’s Magnum sehingga dapat meningkatkan niat beli dan meningkatkan pembelian nyata konsumen untuk membeli Wall’s Magnum. Hasil analisis korelasi kanonikal menghasilkan faktor yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian, pada kelompok pengeluaran ≤ Rp 800.000 yaitu faktor merek dan tempat pembelian, sedangkan kelompok pengeluaran > Rp 800.000 yaitu faktor pengalaman terdahulu dan bentuk kemasan.
Collections
- UT - Management [3371]