Strategi dan Pengembangan Bisnis pada Industri Oemah Sabut Kelapa Yogyakarta dengan Business Model Canvas (BMC)
Abstract
Potensi industri atau ekonomi kreatif pada era teknologi yang semakin pesat
dan maju saat ini sangatlah tinggi. Oesaka menjadi salah satu bisnis yang
mengembangkan usaha kreatif dari bahan baku sabut kelapa dengan produk
utamanya, yaitu keset, pot, dan media tanam. Namun, bisnis tidak mungkin lepas
dari kelemahan, kendala, serta tantangan. Oleh karena itu, dibutuhkan model bisnis
yang menjadi strategi untuk meningkatkan pengembangan bisnis tersebut. Tujuan
penelitian ini adalah untuk: (1) Mengidentifikasi kondisi bisnis yang sedang dijalani
oleh Oesaka dengan pendekatan Business Model Canvas, (2) Menganalisis
kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (SWOT) dari setiap elemen BMC
yang ada pada Oesaka, (3) Merumuskan strategi pengembangan bisnis yang perlu
dijalankan oleh Oesaka berdasarkan hasil analisis SWOT dari setiap elemen BMC
Oesaka. Metode penelitian menggunakan Business Model Canvas dan analisis
SWOT. Responden dalam penelitian ini berjumlah 30 orang yang merupakan
pelanggan Oesaka. Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa Oesaka
perlu menambahkan beberapa solusi pada elemen BMC, yaitu Value Propositions,
Key Partnerships, Key Activities, dan Customer Relationship. The potential of the creative industry or economy in this era of increasingly
rapid and advanced technology is very high. Oesaka is one of the Businesses that
develops creative Businesses from coconut coir raw materials with its main
products namely mats, pots and planting media. However, Business is not free from
weaknesses, constraints, and challenges. Therefore, a Business model is needed
which is a strategy to improve Business development. The purpose of this study is
to: (1) Identify the Business conditions that are being undertaken by Oesaka with
the Business Model Canvas approach, (2) Analyze the strengths, weaknesses,
opportunities and threats (SWOT) of each BMC element in Oesaka, (3) Formulate
a Business development strategy that needs to be implemented by Oesaka based on
the results of the SWOT analysis of each element of Oesaka's BMC. The research
method uses the Business Model Canvas and SWOT analysis. Respondents in this
study were 30 people who were Oesaka customers. The results of this study can be
concluded that Oesaka needs to add several solutions to the BMC elements, namely
Value Propositions, Key Partnerships, Key Activities, and Customer Relationships.
Collections
- UT - Management [3354]