Determinan Minat dan Perilaku Penggunaan QRIS sebagai Metode Pembayaran Digital dengan Model Extended UTAUT
Abstract
Bank Indonesia menerbitkan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) guna mendukung transaksi yang lebih aman, mudah, cepat, dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi niat dan perilaku penggunaan QRIS dari perspektif konsumen di Jabodetabek menggunakan model extended Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2023 sampai Mei 2023. Penelitian ini meneliti sejumlah 198 responden di Jabodetabek yang merupakan pengguna e-wallet atau m-banking dan mengetahui fitur QRIS. Kuesioner disebarkan secara online dan hasilnya diolah dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi risiko, ekspektasi kinerja, pengaruh sosial, dan ekspektasi usaha berpengaruh positif signifikan terhadap niat perilaku menggunakan QRIS. Sedangkan perilaku penggunaan QRIS dipengaruhi secara positif signifikan oleh niat perilaku dan kondisi yang memfasilitasi. Strategi prioritas yang dapat diterapkan untuk meningkatkan adopsi teknologi QRIS adalah dengan mengedukasi peran QRIS dalam mengurangi risiko-risiko pembayaran. Bank Indonesia issued a Quick Response Indonesian Standard (QRIS) to support transactions that were safer, easier, faster and more efficient. This study aimed to analyze the consumer preferences and factors that influence their intention and use behavior when using QRIS in the Jabodetabek area. The Extended Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) model was employed to analyze these aspects. This research was conducted from March 2023 until May 2023. Online questionnaires were distributed to 198 respondents who were users of e-wallets or mobile banking and knew about the QRIS feature. Then, the collected data were analyzed using Structural Equation Modelling (SEM). The findings revealed that perceived risk, performance expectancy, social influence, and effort expectancy had a significant positive effect on the behavioral intention to use QRIS. Meanwhile, QRIS usage behavior was positively influenced by both behavioral intentions and facilitating conditions. One of the top priority strategies to increase the adoption of QRIS is educating the public about how QRIS can lower payment risks.
Collections
- UT - Management [3476]