Desain Value Proposition Canvas dan Pengembangan Model Bisnis Pak RT Digital Marketing Agency
Date
2023Author
Ganda, Giri Rasyidpradana
Jahroh, Siti
Anggraini, Raden Isma
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkembangan bisnis Pak RT Digital Marketing Agency periode 2020-2022, belum mencapai jumlah konsumen yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi model bisnis yang digunakan dengan pendekatan business model canvas (BMC), menganalisis value proposition canvas (VPC), serta merumuskan perbaikan pada model bisnis setelah penyesuaian VPC dilakukan. Penelitian dilakukan sejak Desember 2022 hingga Juni 2023 secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif, melalui wawancara internal perusahaan dan 9 responden eksternal guna memetakan profil segmen pelanggan dan diolah menjadi VPC sebagai acuan dalam memperbaiki model bisnis yang sudah ada. Hasil penelitian ini menunjukkan perbaikan pada nilai yang ditawarkan perusahaan kepada konsumen VPC 0 menjadi VPC 1, serta perubahan model bisnis yang berlangsung BMC 0 menjadi BMC 1. Perusahaan terbukti telah memberikan nilai-nilai yang diinginkan oleh konsumen, namun sesuai dengan perkembangan, keinginan harapan, dan rasa sakit konsumen juga semakin bervariasi. Penelitian ini memberikan kesimpulan dan rekomendasi strategi, termasuk pembaruan pada VPC dan BMC agar perusahaan dapat bertahan dan mampu bersaing dengan pesaing sejenis. Kata kunci: business model canvas, nilai, profil segmen pelanggan, rasa sakit
Collections
- UT - Business [317]