Analisis Preferensi Konsumen Dalam Upaya Pengembangan Produk Turunan Roti Gluten Free Cookly
Date
2023Author
Balweel, Thania Usamah
Ratnawati, Anny
Nuraisyah, Ani
Metadata
Show full item recordAbstract
Cookly merupakan produsen roti yang menggunakan singkong sebagai bahan dasar untuk menghasilkan produk gluten free. Cookly memerlukan adanya inovasi pengembangan produk turunan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi karakteristik konsumen, menganalisis preferensi konsumen dan memformulasikan rencana inovasi pengembangan produk turunan roti gluten free Cookly. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 dan ditentukan secara purposive dan snowball sampling. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan conjoint analysis. Penelitian ini menemukan bahwa konsumen Cookly seimbang gender dengan kisaran usia 18 - 25 tahun, berstatus belum menikah, mayoritas berdomisili di Kota Bogor, tingkat pendidikan terakhir adalah SMA/sederajat, berprofesi mahasiswa dan karyawan, dengan rata-rata pengeluaran bulanan antara Rp500.000 - Rp3.000.000. Preferensi kombinasi atribut yang paling disukai responden adalah rasa yang dominan savory dengan nilai gizi yang relatif low sugar, tekstur yang lembut, roti yang berwarna dengan kemasan dus dengan kisaran harga Rp10.000-Rp25.000. Cookly mengembangkan produk roti gluten free praktis yang dapat langsung dinikmati Gluten Free Toasted Cassava Bread, dengan rasa savory disajikan menu signature dan menu “make your own” Selain itu, Cookly beralih dari kemasan plastik ke kemasan ramah lingkungan dan meningkatkan efisiensi produksi dengan alat bantu baru serta penyesuaian jadwal restock bahan baku.
Collections
- UT - Business [425]