Analisis Preferensi Konsumen terhadap Merchandise K-Pop di Toko Online Dulsetstore
Date
2023Author
Rahmawati, Wahyu
Ratnawati, Anny
Anggraini, Raden Isma
Metadata
Show full item recordAbstract
Dulsetstore merupakan toko online yang menyediakan merchandise K-Pop yang berasal dari agensi HYBE Labels. Selama dua tahun terakhir, pendapatan toko online ini mengalami stagnan. Selama ini Dulsetsore hanya melakukan promosi dan open PO (pre-order) ketika ada idol group yang come back. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen, menganalisis preferensi konsumen, menganalisis proses keputusan pembelian dan menyusun implikasi manajerial. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah 100 sampel. Data dalam penelitian ini diolah dengan analisis deskriptif dan analisis konjoin. Atribut merchandise K-Pop yang paling penting adalah keaslian produk. Preferensi kombinasi atribut yang paling disukai adalah produk merchandise K-Pop yang official dengan harga < Rp 1.000.000, ketersediaan produk ready stock, pembayaran secara cicilan, dan packaging premium.
Collections
- UT - Business [317]