Hubungan Kebiasaan Sarapan, Aktivitas Fisik, Status Gizi, dan Kualitas Tidur dengan Konsentrasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Liwa
Abstract
Remaja membutuhkan tingkat konsentrasi yang baik untuk hasil pembelajaran yang maksimal. Konsentrasi belajar adalah suatu kemampuan seseorang dalam memusatkan pikiran pada setiap materi yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kebiasaan sarapan, aktivitas fisik, status gizi, dan kualitas tidur dengan konsentrasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Liwa. Desain penelitian ini yaitu cross sectional study dengan subjek penelitian berjumlah 87 orang yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas subjek memiliki kebiasaan sarapan yang rutin dan melakukan sarapan sebelum pukul 09.00 pagi. Sebagian besar tingkat kecukupan energi, protein, dan lemak dari sarapan pada subjek berdasarkan AKG tergolong cukup, namun tingkat kecukupan karbohidrat dari sarapan pada subjek tergolong kurang. Sebagian besar subjek memiliki status gizi baik dan aktivitas fisik yang tergolong ringan. Kualitas tidur subjek sebagian besar tergolong buruk dan konsentrasi belajar subjek sebagian besar tergolong baik. Terdapat hubungan yang signifikan (p<0,05) antara frekuensi sarapan, waktu sarapan, dan kualitas tidur dengan konsentrasi belajar. Namun, tidak terdapat hubungan (p>0,05) antara aktivitas fisik, status gizi, serta tingkat kecukupan energi dan zat gizi makro dengan konsentrasi belajar.
Collections
- UT - Nutrition Science [2996]