Analisis Pengembangan Bisnis CV Sentral Abadi Electrica
Date
2023Author
Shidiqqi, Pascal Roosseno
Zulbainarni, Nimmi
Sari, Linda Karlina
Metadata
Show full item recordAbstract
Peningkatan permintaan electromotor pada sektor industri dan transportasi diikuti dengan naiknya juga permintaan perbaikan electromotor. CV Sentral Abadi Electrica merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang perbaikan electromotor yang berlokasi di Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan bisnis bagi CV Sentral Abadi Electrica agar mampu bersaing di industri perbaikan electromotor yang pasarnya sedang bertumbuh. Dalam melakukan penelitian ini digunakan alat analisis Internal External (IE), Strength, Weakness, Opportunity, and Threat (SWOT), dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa CV Sentral Abadi Electrica memiliki total nilai IFE sebesar 2,310 dan total nilai EFE sebesar 2,169 sehingga berada pada kuadran 5 matriks IE dengan strategi pengembangan penetrasi pasar dan pengembangan produk. Hasil analisis SWOT menghasilkan 7 strategi alternatif yang terdiri dari dua strategi SO, tiga strategi WO, satu strategi ST, dan satu strategi WT. Dengan bantuan analisis QSPM didapatkan strategi prioritas dengan nilai STAS tertinggi yaitu melakukan pemasaran secara kontinyu, terjadwal, dan terukur dengan nilai sebesar 7,316, diikuti strategi bekerjasama dengan lembaga pembiayaan syariah dengan nilai sebesar 6,296, dan strategi pengadaan kontrak kerjasama tahunan dengan pelanggan dengan nilai sebesar 5,91.
Collections
- UT - Business [415]