Analisis Evaluasi Pelatihan pada Program Pemadanan SMK Dukungan PT.Telkom Indonesia (Studi Kasus : SMK Bina Nusantara Cisalak, Subang)
Date
2023Author
Elvaza, Azzara Putri
Daryanto, Arief
Suhendi, Suhendi
Metadata
Show full item recordAbstract
Di Indonesia pengangguran tertinggi pada lulusan SMK mencapai 11,13%. Hal ini disebabkan pembelajaran di SMK mengarah pada hardskill dibandingkan softskill dan kompetensi lulusan SMK yang belum berstandar industri. Mengenai hal tersebut, Kemendikbudristek menyelenggarakan program pemadanan dukungan SMK yang berkolaborasi dengan PT. Telkom Indonesia di delapan SMK salah satunya di SMK Bina Nusantara. Tujuan penelitian ini adalah, mengevaluasi dan menyusun rekomendasi evaluasi pelatihan yang tepat untuk program pemadanan SMK di SMK Bina Nusantara. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan Kirkpatrick level I dengan teknik pengolahan data menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) serta Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan CSI, tingkat kepuasan peserta sebesar 89,01% yang berarti peserta sangat puas. Penelitian ini merekomendasikan melakukan perekrutan dan pelatihan pada pelatih yang disusun dan disesuaikan dengan kebutuhan program dengan timeline yang terjadwal serta melakukan koordinasi penjadwalan dengan stakeholder terkait: mengupayakan menggunakan WBS pada pelaksanaan program.
Collections
- UT - Business [415]