Pengungkapan Dampak Investasi Sosial Program Perbaikan Jalan Menggunakan Metode SROI Pada PT. Dunia Milik Bersama
Abstract
Corporate social responsibility (CSR) merupakan sebuah kewajiban perusahaan yang berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan dengan mempertimbangkan dampak ekonomi, sosial, dan lingkungan dari kegiatan usahanya. PT. Dunia Milik Bersama (DUMIB) merupakan salah satu perusahaan yang aktif dalam melaksanakan program CSR. Pengungkapan dampak investasi sosial yang dihasilkan dari CSR PT DUMIB dapat dianalisis dengan metode Social Return on Investment (SROI). SROI merupakan metode untuk menghitung nilai dampak yang tercipta dari aspek ekonomi, lingkungan, dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak investasi sosial dari pelaksanaan program CSR PT DUMIB dengan menghitung nilai rasio SROI dan capaian finansial dari program CSR PT DUMIB. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan merupakan metode analisis SROI yang terdiri dari enam tahap analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pengembalian sosial program adalah sebesar 3,6:1 yang artinya bahwa setiap Rp1 yang diinvestasikan akan menghasilkan manfaat sebesar 3,6 bagi pemangku kepentingan. Corporate social responsibility (CSR) is a corporate obligation that contributes to sustainable development by considering the economic, social and environmental impacts of its operation. Disclosure of the impact of social investment resulting from PT Dunia Milik Bersama's CSR can be analysed using the Social Return on Investment (SROI) method. SROI is method for calculating the impact value created from economic, environmental, and social aspects. This study aimed to analyse the impact of social investment from the implementation of PT DUMIB’s CSR program by calculating the value of the SROI ratio and financial achievements of PT DUMIB’s CSR program. This study used primary data and secondary data. The data was analyzed using the SROI method, which consists of six analysis steps. The results showed that the social return value is 3,6:1, meaning that every IDR 1 invested will benefit IDR 3,6 for stakeholders.
Collections
- UT - Management [3469]