Desain Pesawat Tanpa Awak Menggunakan Sistem Lepas Landas dan Mendarat Secara Vertikal untuk Pemetaan Wilayah
Abstract
Kebutuhan pengukuran dan pemetaan lahan di Indonesia masih sangat tinggi.
Salah satu cara yang dapat dilakukan pengambilan data efektif dan efisien adalah
dengan menggunakan drone yang biasa disebut pesawat tanpa awak Unmanned Aerial
Vehicle (UAV). Masing-masing dari jenis tersebut memiliki kelebihan dan
kekurangan. Berdasarkan kekurangan dan kelebihan untuk masing-masing jenis drone,
termasuk terkait kebutuhan wahana drone dalam melakukan pemetaan lahan ataupun
untuk memperoleh citra suatu wilayah maka dirasa perlu untuk mencari solusi tersebut.
Tujuan dari penelitian ini untuk melakukan rancang desain UAV menggunakan
Vertical Take-Off and Landing (VTOL) sistem, dari tahap konseptual, tahap
prelimineri, dan tahap detil desain. Hasil konseptual desain yang meliputi penentuan
airfoil dan permodelan sayap utama. Hasil preliminery desain selanjutnya
menunjukkan hasil sistribusi kecepatan udara di sekitar bodypart UAV mengalami skin
friction drag pada sisi atas dan bawah body part hingga diperoleh desain utuh awal.
Hasil detil desain selanjutnya menunjukkan hasil desain rangka dengan 3d model
menggunakan struktur semi-monocoque, beserta keseluruhan kebutuhan penerbangan. The need for land measurement and mapping in Indonesia is still very high.
One way that data collection can be carried out effectively and efficiently is by using a
drone which is commonly called an Unmanned Aerial Vehicle (UAV). Each of these
types has advantages and disadvantages. Based on the advantages and disadvantages
of each type of drone, including the need for drones to map land or to obtain an image
of an area, it is deemed necessary to find a solution. The purpose of this research is to
design a UAV using the Vertical Take-Off and Landing (VTOL) system, from the
conceptual stage, the preliminary stage, and the detailed design stage. The results of
the conceptual design which includes determining the airfoil and modeling the main
wing. The results of the preliminary design show that the air velocity distribution
around the UAV body part experiences skin friction drag on the top and bottom sides
of the body part until the initial intact design is obtained. The detailed design results
then show the results of the frame design with a 3d model using a semi-monocoque
structure, along with the overall flight requirements.