Pengaruh Feed, Story, dan Live Instagram Terhadap Kesadaran Merek dan Keputusan Pembelian Produk Kreatif Subsektor Kuliner di Kota Jakarta Selatan
Abstract
Riset Badan Pusat Statistik (BPS) dan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif pada tahun 2018 mencapai Rp 1.105 Triliun dengan kontribusi terhadap PDB Nasional 7,16%, meningkat dari tahun 2017 sebesar Rp 1,009 Triliun. Salah satu permasalahan industri kreatif pada saat pandemi adalah kehilangan cara memasarkan produknya, sehingga banyak yang berpindah platform pemasaran menjadi digital marketing. Situs Napoleon Cat (2021), menunjukkan banyak dari pengguna sosial media Indonesia menggunakan Instagram sebagai salah satu platform-nya. Subsektor terbesar kontribusinya untuk Gross Domestic Product (GDP) Indonesia adalah kuliner. Oleh karena itu, banyak para kreator Indonesia memasarkan produk mereka di Instagram dalam bentuk yang disebut konten Instagram. Pada konten Instagram, ada tiga fitur utama, yaitu Feed, Story, dan Live Instagram yang mempunyai kelebihan tersendiri. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh konten Instagram: Feed Instagram (X1), Story Instagram (X2), Live Instagram (X3) terhadap Brand Awareness (Y1) dan Purchase Decision (Y2) produk industri kreatif khususnya kuliner. Data yang digunakan untuk penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan melalui accidentally sampling dengan responden sejumlah 100 dan diikuti proses wawancara kuesioner online menggunakan skala likert, serta data tersebut diolah dengan metode SEM-PLS. Hasil penelitian mengungkapkan Konten Feed, story, dan live Instagram berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang dimediasi kesadaran merek produk kuliner di Jakarta Selatan.
Collections
- UT - Management [3480]