Analisis Ekuitas Merek Kopiluvium Sebagai Sociopetal Space
Date
2022Author
Azlani, Fadma
Palupiningrum, Agustina Widi
Syarief, Rizal
Metadata
Show full item recordAbstract
Kopiluvium memiliki tujuan bisnis terdekat berupa ekspansi bisnis yang memerlukan kekuatan ekuitas merek demi mendukung terwujudnya tujuan dan rencana bisnis. Analisis ekuitas merek juga dapat digunakan sebagai bahan evaluasi bagi pengelola Kopiluvium. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen, menganalisis 4 elemen ekuitas merek Kopiluvium dan merancang strategi pemasaran yang tepat untuk memperkuat ekuitas merek Kopiluvium sebagai sociopetal space. Metode penentuan responden menggunakan purposive sampling dan perhitungan rumus Slovin yang menghasilkan jumlah responden sebanyak 100 orang. Metode pengolahan data yang digunakan adalah uji coba kuesioner, analisis deskriptif, nilai rata-rata skala likert dan uji Cochran. Hasil dari penelitian ini adalah konsumen didominasi oleh remaja laki-laki dengan kelas ekonomi menengah kebawah dengan tujuan untuk berkumpul dengan teman, kesadaran merek Kopiluvium sangat baik, asosisasi merek Kopiluvium belum membentuk brand image yang melekat di benak konsumen, persepsi kualitas Kopiluvium baik, serta loyalitas konsumen terhadap merek sangat baik dan sudah membentuk piramida harapan loyalitas konsumen. Dari hasil analisis ekuitas merek, strategi pemasaran Kopiluvium diprioritaskan untuk mengarah kepada harmonisasi keunikan sociopetal space, pembaharuan dalam social media marketing, dan penguatan atribut untuk memunculkan brand image di benak konsumen.
Collections
- UT - Business [433]