Peranan Diversifikasi produk Terhadap Peningkatan Jumlah Pendapatan pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Perwakilan Bogor
Abstract
Perkembangan dunia usaha asuransi dalam memasuki era globalisasi khususnya dalam bidang ekonomi dapat dikatakan bahwa disatu sisi dapat memberikan peluang yang sangat besar, namun disisi lain memberikan tantangan yang semakin tajam yaitu berupa persaingan yang harus dihadapi. Oleh karena itu perusahaan dituntut harus selalu siap dan mampu untuk mengatasi permasalahan tersebut, apalagi dalam memasuki tahun 2009, dunia usaha harus benar-benar bekerja keras untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) atau lebih dikenal dengan Jiwasraya merupakan sebuah badan usaha/perusahaan yang bergerak dalam bidang asuransi jiwa dan merupakan perusahaan asuransi jiwa satu-satunya milik Pemerintah, dengan status Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dalam menjalankan kegiatan usahanya, PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Perwakilan Bogor melakukan diversifikasi produk yang mempunyai 2 (dua) tujuan. Diversifikasi produk yang terdapat pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Perwakilan Bogor, terdiri dari pengembangan produk asuransi dan pengembangan produk penggadaian polis. Tujuan dari Penelitian ini adalah: Untuk mengetahui diversifikasi produk yang terdapat pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Perwakilan Bogor, Untuk mengetahui peranan diversifikasi produk terhadap peningkatan jumlah pendapatan pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Perwakilan Bogor. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dan observasi. Data sekunder diperoleh dari data dokumen perusahaan, buku, dan internet. Metode analisis yang digunakan dalam pengolahan data adalah regresi berganda dan korelasi serta uji Fnya. Dari hasil yang didapat diperoleh persamaan regresi berganda Y = 163,4 + 9,41 X1+ 2,05 X2 yang bermakna jika tidak ada biaya pengembangan produk asuransi (X1) dan biaya pengembangan penggadaian polis (X2), maka jumlah pendapatan yang dihasilkan perusahaan sebesar Rp 163,4 Juta. Dari hasil korelasi diperoleh nilai r1,2 = 0,9618 dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara biaya pengembangan produk asuransi (X1) dan biaya pengembangan produk penggadaian polis (X2) dengan jumlah pendapatan perusahaan (Y) dan dapat dikatakan hubungan antara variabel independent (X1 dan X2) dengan variabel dependent (Y) sempurna dan positif atau searah. Serta hasil dari koefisien determinasi diperoleh (r2) = 0,9251 yang berarti diversifikasi produk (pengembangan produk asuransi dan pengembangan produk penggadaian polis) pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) perwakilan Bogor mempunyai kontribusi terhadap peningkatan jumlah pendapatan sebesar 92,5%, sisanya sebesar 7,5% merupakan pengaruh dari faktor-faktor lain Dan dari hasil perhitungan Uji F diperoleh nilai F hitung dan F tabel. Fhitung > Ftabel, yaitu 55,58 > 8,02. Dari hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Diversifikasi Produk mempunyai peranan terhadap peningkatan jumlah pendapatan pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Perwakilan Bogor.
Collections
- UT - Management [3354]