Rancangan Strategi Pengembangan Platform Komunitas Bakat Minat Pendukung Kegiatan Eksplorasi Mandiri Masyarakat
Date
2022Author
Abadi, Peter Satria
Suroso, Arif Imam
Palupiningrum, Agustina Widi
Metadata
Show full item recordAbstract
Terdapat beragam tantangan yang muncul dalam upaya pengembangan
bakat minat yang dilakukan oleh masyarakat salah satunya adalah akses terhadap
komunitas bakat minat sebagai media pengembangan bakat minat. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis permasalahan yang dihadapi masyarakat terkait
akses kepada aktivitas dan komunitas bakat minat, merancang model bisnis dari
rancangan solusi yang sesuai dengan harapan masyarakat, merancang strategi
pengembangan platform komunitas sesuai dengan model bisnis yang dibentuk,
serta memvalidasi rancangan model bisnis dan prototipe sesuai masalah dan
harapan dari masyarakat. Penelitian ini menggunakan strategi samudera biru
sebagai metode utama dengan 40 responden yang ditentukan menggunakan
purposive sampling. Penelitian ini menghasilkan strategi bagi pengembangan
platform Bank-Kit.id sebagai solusi yang berfokus pada aspek aktivasi komunitas
untuk membentuk sebuah ekosistem komunitas yang berkualitas melalui
kemitraan bersama komunitas. Model bisnis yang dapat dibentuk dalam
rancangan platform ini adalah produksi konten dan kit pembelajaran komersil
bersama mitra komunitas serta kurasi aktivitas dan pesan sosial mitra komunitas
untuk menarik kerja sama dengan mitra eksternal. There are a lot of challenges that prevent people to maximize the
potentials of communities as a media for developing talent and interest. This study
aims to identify problems that affect the access to the communities, designing a
business model based on the solution created, designing a strategic plan for the
creation of a digital platform based on the business model created, and to validate
the prototype and business model plan. This study uses the blue ocean strategy as
the main method with 40 respondents through purposive sampling. This study
concludes in a strategic plan for Bank-Kit.id as a solution which focus on
communal activation aspect for building a quality digital community ecosystem
through partnering with communities. The business model that can be applied is
to produce original content and learning kit with communities and curating
community activities and social messages raised to attract collaboration with
external partners.
Collections
- UT - Business [415]