Keputusan Pembelian Outdoor Equipment: Strategi untuk Consina
Abstract
Peningkatan tren wisata alam membawa peluang sekaligus persaingan yang lebih ketat bagi industri outdoor equipment. Saat ini, pangsa pasar industri outdoor equipment di Indonesia dikuasai oleh Eiger sebesar 80%, sementara Consina sebagai salah satu brand outdoor equipment masih sebagai follower. Oleh karena itu, Consina perlu memahami faktor-faktor yang memengaruhi niat dan keputusan pembelian konsumen sehingga Consina dapat meningkatkan pangsa pasarnya di industri outdoor equipment. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen, menganalisis faktor yang memengaruhi niat dan keputusan pembelian, serta menyusun implikasi manajerial bagi Consina. Responden berjumlah 73 orang yang berasal dari gen Z dan milenial yang dipilih dengan metode convenience sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan Structural Equation Model - Partially Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keputusan pembelian dipengaruhi oleh niat pembelian. Niat pembelian hanya dipengaruhi oleh dua faktor yaitu norma subjektif dan pengendalian perilaku.
Collections
- UT - Business [314]