Analisis Perbandingan Kepuasan Pelanggan terhadap Kualitas Layanan Logistik pada JNE dan J&T Express di Jabodetabek
Abstract
Meningkatnya nilai transaksi e-commerce sejalan dengan peningkatan
kebutuhan jasa pengiriman logistik, menjadikan jasa pengiriman seperti JNE dan
J&T Express bersaing. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi
perilaku penggunaan JNE dan J&T Express di Jabodetabek, (2) menganalisis
tingkat kepentingan atribut-atribut kualitas layanan logistik pada persepsi pengguna
JNE dan J&T Express di Jabodetabek, (3) menganalisis kepuasan terhadap layanan
JNE dan J&T Express berdasarkan kualitas layanan logistik, dan (4) menganalisis
prioritas peningkatan kualitas layanan logistik di JNE dan J&T Express. Analisis
yang digunakan adalah analisis deskriptif, Importance Performance Analysis (IPA),
Customer Satisfaction Index (CSI), diagram radar, dan independent sample t test.
Dari delapan belas atribut, layanan yang penting adalah kondisi paket saat diterima
aman dan tidak rusak, perusahaan menyediakan layanan pelacakan pengiriman
(web tracking), akurasi menemukan alamat tujuan pengiriman, waktu pengiriman
paket sesuai dengan estimasi yang dijanjikan, jaminan ganti rugi oleh perusahaan
terhadap paket yang hilang. JNE memiliki lebih banyak atribut yang perlu
ditingkatkan, sesuai dengan nilai CSI JNE yang lebih rendah dibandingkan dengan
J&T Express sehingga JNE memerlukan upaya lebih banyak untuk perbaikan
Collections
- UT - Management [3455]