Faktor-Faktor yang Memengaruhi Impulse Buying Produk Makanan dan Minuman pada GoFood di Jabodetabek
Abstract
Internet merupakan salah satu perkembangan teknologi yang telah merubah
gaya hidup masyarakat. Salah satu perilaku yang mengalami perubahan adalah
konsumsi masyarakat, khususnya makanan dan minuman melalui aplikasi pesan
antar makanan. Pembelian secara online memberi kemudahan bagi para konsumen
untuk membeli sesuatu, maka pembeli secara online jauh lebih impulsif. Tujuan
penelitian ini adalah untuk (1) Mengidentifikasi karakteristik konsumen GoFood,
(2) Menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi konsumen melakukan impulse
buying produk makanan dan minuman di GoFood, serta (3) Menganalisis faktor
yang paling dominan memengaruhi konsumen melakukan impulse buying produk
makanan dan minuman pada GoFood. Data yang digunakan pada penelitian ini
yaitu data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari pengisian kuesioner.
Data sekunder diperoleh dari buku, internet, dan jurnal yang relevan dengan
penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif dan
Analisis Faktor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 9 faktor baru
yang terbentuk, yaitu (1) kepuasan produk, (2) harga produk, (3) potongan harga,
(4) daya saing, (5) citra perusahaan, (6) pelayanan prima, (7) komunikasi, (8)
sumber informasi, dan (9) kehandalan operasional.
Collections
- UT - Management [3354]