Pola Keragaman Pada Sumber Data Berskala Diskrit
Abstract
Respons merupakan reaksi objek atas stimuli yang diterimanya. Dalam penelitian sosial, respons merupakan tanggapan seseorang terhadap pertanyaan yang diterimanya mengenai suatu hal tertentu. Respons merupakan hasil dari suatu proses pengolahan informasi yang dipandu oleh pengetahuan, pengalaman, dan pola pikir seseorang dalsam menafsirkan stimuli. Dalam merespons suatu objek atau kejadian, proses mengevaluasi objek atau kejadian tersebut tidak terlepas dari aspek berpikir sehingga hasil respons antar individu beragam. Secara khusus, responden dianggap melakukan masing-masing dari empat langkah. Pertama, responden harus menafsirkan pertanyaan dan menyimpulkan maksudnya. Selanjutnya, responden harus memilah informasi yang relevan dalam pikiran, dan kemudian mengintegrasikan informasi tersebut ke dalam satu penilaian. Akhirnya, responden harus menerjemahkan penilaian. Ada tiga aspek utama dalam proses berpikir, yaitu kognisi, afeksi, dan konasi. Indikator dikembangkan dari definisi masing-masing aspek. Pada aspek kognisi, responden perlu menafsirkan dan memahami pertanyaan sehingga responden dapat menentukan informasi mana yang seharusnya diberikan. Menurut beberapa peneliti, respons kognisi adalah karakteristik pemikiran rasional, pengalaman, dan ingatan. Respons afeksi adalah hasil dari keadaan emosional individu saat ini dan perasaan yang dialami individu dipicu oleh karakteristik sekitar dan eksternal yang memengaruhi indera sehingga ada kesiapan individu untuk merespons tanpa terlalu memikirkan item tertentu. Konasi berkaitan dengan kemungkinan atau kecenderungan bahwa seorang individu akan melakukan tindakan tertentu atau berperilaku dengan cara tertentu sehubungan dengan objek sikap.
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis sumber keragaman respons pada aspek kognisi, afeksi, dan konasi. Hal pertama yang dilakukan dalam penelitian adalah perancangan kuesioner dengan mengembangkan indikator menjadi tiga aspek (kognisi, afeksi, dan konasi). Penelitian melibatkan 100 responden pengguna OVO dengan metode pengambilan sampel adalah purposive sampling. Purposive sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang karakteristik sampelnya sudah ditentukan dan diketahui ciri dan sifat populasinya. Responden melakukan penilaian indikator-indikator aspek kognisi, afeksi, dan konasi. Pilihan penilaian yang diberikan, yaitu penilaian diskrit 1-5 dengan keterangan penilaian disesuaikan dengan indikatornya. Kemudian, data penilaian responden dianalisis dengan perhitungan standard deviation, analisis ragam, uji lanjut (Tukey HSD dan Bonferroni) dan sebaran penilaian masing-masing indikator. Nilai standart deviation yang semakin besar menggambarkan sebaran data yang semakin beragam.
Hasil utama yang diperoleh adalah terdapat tiga indikator berurutan dengan nilai standard deviation terbesar pada masing-masing aspek. Indikator-indikator tersebut yang menjadi sumber keragaman respons aspek kognisi, afeksi, dan konasi. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa aspek konasi merupakan aspek paling beragam dengan nilai standard deviation paling besar. Hasil uji lanjut (Tukey HSD dan Bonferroni) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara aspek kognisi dan konasi. Tiga indikator sebagai sumber keragaman aspek kognisi adalah indikator (1) mengetahui beberapa partner yang bekerja sama dengan OVO mobile (KGS5), (2) menyadari promo yang diberikan oleh OVO mobile (KGS6), dan (3) mengetahui transaksi apa saja bisa dibayarkan melalui OVO mobile (KGS7). Tiga indikator paling beragam sebagai sumber keragaman aspek afeksi adalah (1) suka memanfaatkan promo dari OVO (AFS3), (2) tertarik menggunakan OVO dalam pembayaran non-tunai (AFS2), dan (3) memilih aplikasi OVO tanpa keraguan ketika melakukan pembayaran digital (AFS5). Tiga indikator sebagai sumber keragaman utama aspek konasi adalah, (1) berniat mengumpulkan poin OVO (KNS5), (2) berniat mencari informasi promo/diskon di OVO (KNS4), dan (3) mencari tahu kelebihan OVO dalam transaksi digital (KNS1). Penelitian ini bermanfaat sebagai acuan pembuatan kuesioner penelitian sosial dalam melakukan pengukuran terkait aspek kognisi, afeksi, dan konasi. The response is the object's reaction to the stimuli it receives. In social research, the response is a person's response to a question he receives about a particular matter. The response is the result of an information processing process that is guided by one's knowledge, experience, and mindset in interpreting stimuli. In responding to an object or event, the process of evaluating the object or event cannot be separated from the aspect of thinking so that the results of responses between individuals vary. Specifically, respondents were considered to have performed each of the four steps. First, the respondent must interpret the question and conclude its meaning. Next, respondents must search their memories for relevant information, and then integrate any information that comes to their mind into a single assessment. Finally, the respondent must translate the assessment. The thought process has three main aspect: cognition, affection, and conation. Indicators are developed from the definition of each aspect. In the cognitive aspect, the respondent needs to interpret and understand the question so that the respondent can determine which information should be given. According to some researchers, cognitive responses are characteristics of rational thinking and experience. The affective response is the result of the individual's current emotional state and the feelings experienced by the individual are triggered by surrounding and external characteristics that affect the senses so that there is an individual's readiness to respond without overthinking certain items. Conation relates to the possibility or tendency that an individual will perform a certain action or behave in a certain way concerning the attitude object.
This study aimed to analyze the source of the diversity of responses in the aspects of cognition, affection, and conation. The first thing to do in this research is to design a questionnaire by developing indicators into three aspects (cognition, affection, and conation). The study involved 100 respondents using OVO with a purposive sampling method. Purposive sampling is a sampling technique in which the characteristics of the sample have been determined and the population’s characteristics are known. Respondents assess indicators of aspects of cognition, affection, and conation. The assessment options given are discrete assessments 1-5 with a description of the assessment adjusted to the indicators. Then, the respondent's assessment data were analyzed by calculating the standard deviation, analysis of variance, further tests (Tukey HSD and Bonferroni), and the distribution of assessments for each indicator. A larger standard deviation value describes a more diverse distribution of data.
The main result obtained is that there are three consecutive indicators with the largest standard deviation values in each aspect. These indicators are the source of the diversity of responses in aspects of cognition, affection, and conation. The results of the analysis also show that the conation aspect is the most diverse aspect with the largest standard deviation value. The results of further tests (Tukey HSD and Bonferroni) showed that there was a significant difference between aspects of cognition and conation. Three indicators as a source of diversity in cognitive aspects are indicators (1) knowing several partners who work with OVO mobile (KGS5), (2) being aware of the promos provided by OVO mobile (KGS6), and (3) knowing which transactions can be paid through OVO mobile (KGS7). The three most diverse indicators as a source of diversity in affective aspects are (1) liking to take advantage of promos from OVO (AFS3), (2) being interested in using OVO in non-cash payments (AFS2), and (3) choosing the OVO application without hesitation when making digital payments. (AFS5). Three indicators as the main source of diversity in the conation aspect are, (1) intending to collect OVO points (KNS5), (2) intending to seek promo/discount information at OVO (KNS4), and (3) finding out the advantages of OVO in digital transactions (KNS1). This research is useful as a reference for making social research questionnaires in measuring aspects related to cognition, affection, and conation.