Perancangan Value Proposition dalam Pengembangan Bisnis Restoran Organeed Bogor
Date
2022Author
Sitorus, Yuni Rosania
Hartoyo, Hartoyo
Widhiani, Anita Primaswari
Metadata
Show full item recordAbstract
YUNI ROSANIA SITORUS. Perancangan Value Proposition dalam Pengembangan Bisnis Restoran Organeed Bogor. Dibimbing oleh HARTOYO dan ANITA PRIMASWARI WIDHIANI.
Tingkat persaingan restoran di Kota Bogor cukup tinggi, salah satu restoran yang berada pada persaingan antar restoran di Kota Bogor adalah Restoran Organeed. Restoran Organeed merupakan restoran yang menyediakan hidangan makanan dan minuman sehat, namun selama usaha berlangsung restoran Organeed belum dapat mencapai target penjualan yang ditetapkan manajemen restoran, dan pengunjung yang datang fluktuatif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi model bisnis yang sudah diterapkan Restoran Organeed dengan pendekatan business model canvas, (2) menganalisis value proposition canvas Restoran Organeed, (3) merumuskan pembaruan business model canvas Restoran Organeed setelah disesuaikan dengan value proposition canvas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penulis melakukan wawancara dengan pihak internal Restoran Organeed dan pelanggan restoran. Metode yang digunakan ialah teknik non-probability sampling dengan metode judgment sampling dan purposive sampling. Terpetakan sembilan elemen business model canvas pada restoran Organeed, lalu dilakukan analisis value proposition canvas dengan mencocokkan (fit) terhadap customer segment profile dan value proposition map. Hasil dari penelitian ini adalah pembaruan business model canvas yang terjadi pada elemen value propositions membuat kartu atau label keterangan gizi, menu praktis salad wrap dan jus sehat botol ready to drink dan penerapan edukasi eat clean.
Collections
- UT - Business [314]