Peran Ecolabel Awareness, Green Marketing Mix, Dan Brand Image Pada Keputusan Pembelian Konsumen Produk Aqua Life Indonesia.
Abstract
Kesadaran konsumen tentang isu lingkungan mendorong mereka untuk
menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi produk organik yaitu produk
yang mengandung komponen aman, tidak beracun, dapat didaur ulang, dan
menggunakan kemasan yang ramah lingkungan. Perusahaan sebagai produsen
merupakan salah satu pihak yang berperan penting dalam menjaga kelestarian
lingkungan. Bentuk pengembangan strategi perusahaan antara lain dengan
menghasilkan berbagai macam produk yang menggunakan bahan-bahan tidak
merusak lingkungan. Salah satu usaha yang dilakukan perusahaan adalah adanya
label ramah lingkungan pada produk. Label ramah lingkungan memiliki peran
penting tidak hanya sebagai tanda disuatu produk tetapi juga infomasi yang sangat
penting untuk mengedukasi konsumen tentang konsep ramah lingkungan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh eco label awareness,
green marketing mix, dan brand image terhadap keputusan pembelian konsumen.
Penelitian dilakukan pada bulan November sampai Desember 2021. Data yang
dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari survei
kuesioner berbahasa Indonesia yang disebarkan melalui link google form
menggunakan skala Ordinal. Metode pengambilan sampel (responden) yang
digunakan adalah purposive sampling. Data diolah dan dianalisis menggunakan
Structural Equation Modeling (SEM).
Hasil penelitian menunjukkan ecolabel awareness tidak memberikan
pengaruh signifkan terhadap keputusan pembelian konsumen produk AQUA Life.
Green marketing mix dan brand image berpengaruh signifikan dan positif
terhadap keputusan pembelian konsumen produk AQUA Life. Green marketing
mix berpengaruh signifikan terhadap brand image. Berdasarkan hasil statistik
menunjukan bahwa green marketing mix merupakan variabel yang lebih dominan
terhadap keputusan pembelian konsumen. Para produsen dan pemerintah harus
lebih memberikan edukasi kepada konsumen agar konsumen mendapatkan
pengetahuan lebih mengenai kesadaran akan penggunaan produk ramah
lingkungan serta manfaatnya. Consumer awareness about environmental issues encourages them to adopt
a healthy lifestyle by consuming organic products, namely products that contain
safe, non-toxic, recyclable components, and use environmentally friendly
packaging. The company as a producer is a part of an important role in preserving
the environment. The form of developing the company's strategy is to produce
various kinds of products using materials that do not damage the environment.
One of the efforts made by the company is to create ecolabels for their products.
Ecolabels have an important role not only as a sign of a product but also very
important information to educate consumers about the concept of being
environmentally friendly.
This study aims to analyze the effect of eco label awareness, green
marketing mix, and brand image on consumer purchasing decisions. The study
was conducted from October to December 2021. The data collected in this study
were primary data obtained from a questionnaire survey in Indonesian which was
distributed via the Google Form link using the Ordinal scale. The sampling
method (respondents) used is purposive sampling. The data was processed and
analyzed using Structural Equation Modeling (SEM).
The results showed that ecolabel awareness did not have a significant
effect on consumer purchasing decisions for AQUA Life products. Green
marketing mix and brand image have a significant and positive effect on consumer
purchasing decisions for AQUA Life products. Green marketing mix has a
significant effect on brand image. Based on the statistical results show that the
green marketing mix is a more dominant variable on consumer purchasing
decisions. Producers and the government must provide more education to
consumers so that consumers gain more knowledge about awareness of the use of
environmentally friendly and useful products.
Collections
- MT - Economic and Management [2972]