Show simple item record

dc.contributor.advisorSarma, Ma'mun
dc.contributor.advisorJohan, Irni
dc.contributor.authorShafira, Nabilla
dc.date.accessioned2022-07-20T01:55:28Z
dc.date.available2022-07-20T01:55:28Z
dc.date.issued2022-07
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/112660
dc.description.abstractKesadaran konsumen tentang isu lingkungan mendorong mereka untuk menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi produk organik yaitu produk yang mengandung komponen aman, tidak beracun, dapat didaur ulang, dan menggunakan kemasan yang ramah lingkungan. Perusahaan sebagai produsen merupakan salah satu pihak yang berperan penting dalam menjaga kelestarian lingkungan. Bentuk pengembangan strategi perusahaan antara lain dengan menghasilkan berbagai macam produk yang menggunakan bahan-bahan tidak merusak lingkungan. Salah satu usaha yang dilakukan perusahaan adalah adanya label ramah lingkungan pada produk. Label ramah lingkungan memiliki peran penting tidak hanya sebagai tanda disuatu produk tetapi juga infomasi yang sangat penting untuk mengedukasi konsumen tentang konsep ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh eco label awareness, green marketing mix, dan brand image terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian dilakukan pada bulan November sampai Desember 2021. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari survei kuesioner berbahasa Indonesia yang disebarkan melalui link google form menggunakan skala Ordinal. Metode pengambilan sampel (responden) yang digunakan adalah purposive sampling. Data diolah dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan ecolabel awareness tidak memberikan pengaruh signifkan terhadap keputusan pembelian konsumen produk AQUA Life. Green marketing mix dan brand image berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian konsumen produk AQUA Life. Green marketing mix berpengaruh signifikan terhadap brand image. Berdasarkan hasil statistik menunjukan bahwa green marketing mix merupakan variabel yang lebih dominan terhadap keputusan pembelian konsumen. Para produsen dan pemerintah harus lebih memberikan edukasi kepada konsumen agar konsumen mendapatkan pengetahuan lebih mengenai kesadaran akan penggunaan produk ramah lingkungan serta manfaatnya.id
dc.description.abstractConsumer awareness about environmental issues encourages them to adopt a healthy lifestyle by consuming organic products, namely products that contain safe, non-toxic, recyclable components, and use environmentally friendly packaging. The company as a producer is a part of an important role in preserving the environment. The form of developing the company's strategy is to produce various kinds of products using materials that do not damage the environment. One of the efforts made by the company is to create ecolabels for their products. Ecolabels have an important role not only as a sign of a product but also very important information to educate consumers about the concept of being environmentally friendly. This study aims to analyze the effect of eco label awareness, green marketing mix, and brand image on consumer purchasing decisions. The study was conducted from October to December 2021. The data collected in this study were primary data obtained from a questionnaire survey in Indonesian which was distributed via the Google Form link using the Ordinal scale. The sampling method (respondents) used is purposive sampling. The data was processed and analyzed using Structural Equation Modeling (SEM). The results showed that ecolabel awareness did not have a significant effect on consumer purchasing decisions for AQUA Life products. Green marketing mix and brand image have a significant and positive effect on consumer purchasing decisions for AQUA Life products. Green marketing mix has a significant effect on brand image. Based on the statistical results show that the green marketing mix is a more dominant variable on consumer purchasing decisions. Producers and the government must provide more education to consumers so that consumers gain more knowledge about awareness of the use of environmentally friendly and useful products.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePeran Ecolabel Awareness, Green Marketing Mix, Dan Brand Image Pada Keputusan Pembelian Konsumen Produk Aqua Life Indonesia.id
dc.title.alternativeThe Role of Ecolabel Awareness, Green Marketing Mix, and Brand Image in Consumer Purchase Decisions for Aqua Life Products in Indonesiaid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordBrand Imageid
dc.subject.keywordEcolabel Awarenessid
dc.subject.keywordGreen Marketing Mixid
dc.subject.keywordKeputusan Pembelian Konsumenid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record