Model Bisnis Le’Gummy: Produk Suplemen Minyak Ikan dari Lele untuk Pertumbuhan Anak
Date
2022Author
Abdurrahman, Muhammad Iqbal
Hartoyo, Hartoyo
Shalihati, Fithriyyah
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini untuk merancang model bisnis kanvas melalui metode riset aksi. Bisnis model Le’Gummy ini terancang berdasarkan metode customer development yang terfokus dalam tahapan customer discovery. Di dalam tahapan ini menunjukkan bahwa segmen konsumen pasar yang tepat bagi produk Le’Gummy adalah anak dalam masa pertumbuhan dengan rentang umur 4-14 tahun. Saluran penjualan yang diminati responden adalah secara langsung atau offline, seperti ritel dan apotek. Produk Le’Gummy memposisikan produknya sebagai suplemen makanan minyak ikan yang cocok untuk pertumbuhan anak dengan harga terjangkau. Le’Gummy dijual dengan harga Rp32.500 per kemasan botol yang terdiri dari 10 takaran saji. Hasil perhitungan untuk kelayakan usaha Le’Gummy yaitu: hasil perhitungan Payback Period (PP) sepanjang 2 tahun 2 bulan 23 hari. Hasil dari perhitungan r/c ratio menunjukkan nilai sebesar 1,6 lebih besar dari 1. Hasil perhitungan return on investment (ROI) menunjukkan nilai sebesar 60,9% .
Collections
- UT - Business [417]