Strategi Business Resilience dalam Menghadapi Perubahan Akibat Pandemi pada PT Kubik Kreasi Sisilain
Date
2022Author
Firdausi, Hana Fadhila
Widhiani, Anita Primaswari
Abdullah, Asaduddin
Metadata
Show full item recordAbstract
PT Kubik Kreasi Sisilain merupakan mitra pelatihan sumber daya manusia
yang berspesialisasi dalam kepemimpinan dan pengembangan pribadi. Dalam
menghadapi awal pandemi, perusahaan belum memiliki strategi yang dapat
diterapkan saat menghadapi turbulensi yang terjadi sehingga perusahaan
mengalami kerugian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi perusahaan
sebelum dan saat pandemi serta merumuskan strategi resiliensi bisnis Kubik yang
dianalisis menggunakan empat atribut resiliensi. Sampel didapatkan dari delapan
responden internal perusahaan yang mewakili proses bisnis perusahaan Kubik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Kubik sebelum pandemi adalah
pengokohan brand perusahaan sedangkan saat pandemi adalah produk baru dan
efisiensi operasional. Pemetaan matriks resiliensi menunjukkan bahwa marketing,
human resource management, dan customer relationship management memerlukan
strategi bisnis baru. Strategi ini dapat dijadikan sebagai bahan perencanaan strategi
bisnis dari perusahaan Kubik jika di kemudian hari mengalami turbulensi bisnis.
Collections
- UT - Business [418]