Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Fashion "Underrun" Bertema Kesadaran Kesehatan
Abstract
Banyak masalah kesehatan yang ada di sekitar kita, dan juga masyarakat
cenderung kurang peduli dalam menghadapi masalah kesehatan yang sedang
berlangsung. Masalah ini menjadi peluang untuk beragam bisnis termasuk juga bisnis
Fashion seperti Underrun yang merupakan Fashion brand baru yang berencana
meluncurkan produk Fashion bertemakan kesadaran kesehatan. Tujuan penelitian ini
yaitu menganalisis karakteristik konsumen produk Fashion Underrun, menganalisis
proses keputusan pembelian konsumen produk Fashion Underrun, dan menganalisis
faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen produk Fashion Underrun.
Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis konjoin. Berdasarkan
penelitian, diketahui bahwa mayoritas konsumen adalah perempuan, berusia 18 sampai
26 tahun, belum bekerja, berpendidikan SLTA, dan berpendapatan kurang dari
Rp3.000.000. Komponen utama yang mempengaruhi preferensi konsumen terdiri dari
lima komponen yaitu harga, bahan, kualitas, desain, dan konten desain. Many health problems are all around us while people tend to be less concerned
in dealing with ongoing health problems. This is an opportunity for various businesses,
including Fashion businesses such as Underrun which is a new Fashion brand that will
launch new Fashion products with the theme of health awareness. The purpose of this
study is to analyze the consumer characteristics of Underrun Fashion products, analyze
the consumer purchasing decision process for Underrun Fashion products, and analyze
the factors that influence consumer preferences for Underrun Fashion products. This
research uses descriptive analysis and conjoint analysis. Based on the research, it is
known that the majority of consumers are women, aged 18 to 26 years, have not worked,
have a high school education, and have an income of less than IDR 3,000,000. The main
components that influence consumer preferences consist of five components, namely
price, materials, quality, design, and design content.
Collections
- UT - Business [314]