Perumusan Strategi Pemasaran 4C Konveksi Digdaya di Daerah Bogor Menggunakan PAR, BAR, dan IPA
Date
2022-03-01Author
Laksono, Adhitya Ikrar
Kuswanti, Heny
Dewi, Febriantina
Metadata
Show full item recordAbstract
Konveksi Digdaya adalah usaha dibidang tekstil yang didirikan pada tahun 2019
oleh seorang mahasiswa IPB angkatan 54. Tingkat persaingan konveksi yang tinggi
di lingkungan kampus mengakibatkan Digdaya sulit untuk menaikkan margin
keuntungan nya dan sulit untuk mendapatkan pelanggan. Sebagai usaha yang baru
berdiri sejak 2019, Digdaya membutuhkan strategi pemasaran alternatif yang
diharapkan mampu meningkatkan efektifitas dan kinerja strateginya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pemasaran yang telah diterapkan oleh
konveksi Digdaya, menganalisis performa pemasaran Digdaya, menganalisis
tingkat kepentingan dan tingkat kinerja Digdaya menurut pelanggaan, dan
merumuskan strategi pemasaran alternatif untuk memperbaiki kekurangan yang
dimiliki oleh strategi pemasaran Digdaya sebelumnya. Penelitian ini menggunakan
metode Purchase Action Ratio (PAR) dan Brand Advocacy Ratio (BAR),
Importance Performance Analysis (IPA), dan bauran pemasaran 4C. Data primer
yang didapat dari hasil wawancara dan penyebaran kuesioner dan data sekunder
yang didapat dari berbagai sumber adalah data yang digunakan untuk penelitian ini.
Dua buah strategi pemasaran alternatif dengan prioritas tinggi dan 5 buah strategi
pemasaran alternatif dengan prioritas rendah yang dikategorikan dan digabungkan
kedalam strategi pemasaran alternatif menggunakan bauran pemasaran 4C adalah
hasil dari penelitian ini yang dapat diterapkan oleh konveksi Digdaya.
Collections
- UT - Business [415]