Intervensi Edukasi Gizi Seimbang pada Remaja Usia Sekolah Menengah Pertama Menggunakan Media Serious Game pada Sistem Operasi Android dalam Telepon Seluler
Abstract
Remaja adalah penerus generasi masa depan bangsa, sehingga penyakit-penyakit akibat malagizi, yang sendirinya diakibatkan oleh pengetahuan gizi yang kurang, akan menurunkan kualitas sumber daya manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh intervensi edukasi gizi seimbang menggunakan media serious game yang dikembangkan pada kelas 8 SMPN 4 Bogor. Desain penelitian berupa quasi-experimental, one group pre-test post-test design dengan 38 subjek penelitian. Data yang diambil meliputi karakteristik contoh, pengetahuan gizi contoh, dan tingkat penerimaan media serious game. Media serious game dibuat menggunakan aplikasi RPG Maker MV. Sebagian besar contoh (>80%) menyukai media serious game yang dikembangkan dari segi narasi, isi materi, musik, dan gambar. Skor pengetahuan gizi contoh kebanyakan tergolong sedang sebelum intervensi dan tinggi setelah intervensi, dengan 3 orang memiliki skor yang tergolong rendah. Terdapat perbedaan skor pengetahun gizi yang signifikan (p<0.05) antara sebelum dan sesudah intervensi.
Collections
- UT - Nutrition Science [2865]