Perancangan Balanced Scorecard Sebagai Pengukuran Kinerja Pada Himpunan Profesi Mahasiswa Manajemen IPB University
Abstract
Perguruan tinggi dituntut untuk menyusun target pencapaian Indeks Kinerja
Utama Perguruan Tinggi Negeri (IKU-PTN) dan mengembangkan program
kegiatan berorientasi pelaksanaan kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka
(MBKM). Untuk mencapai IKU tersebut, dibutuhkan adanya kerjasama dari unit
organisasi terkecil di perguruan tinggi. Hal tersebut mendorong Himpunan Profesi
Centre of Management (COM@) untuk meningkatkan sistem tata kelola berbasis
pencapaian kinerja guna mendukung IPB University dalam implementasi
Kebijakan MBKM. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis
keselarasan terhadap visi, misi, sasaran dan IKU Himpunan Profesi COM@,
memformulasikan peta strategi, serta menganalisis hasil pengukuran kinerja
Himpunan Profesi COM@ menggunakan metode Balanced Scorecard. Pendekatan
yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif dengan sumber data primer berupa
focus grup discussion (FGD) dan data sekunder berupa studi literatur dan hasil
kajian yang relevan. Data diolah menggunakan Microsoft Excel 2019 dengan
metode analisis deskriptif. Hasil pengukuran kinerja Himpunan profesi Centre of
Management dengan pendekatan BSC memperoleh nilai 85,73% dengan
interpretasi baik (diekspresikan dengan warna hijau). Kinerja ini dapat ditingkatkan
dengan menerapkan program berupa inisiatif strategis terutama pada Indikator
Kinerja utama yang masih rendah. Universities are required to draw up targets for achieving the Key
Performance Indicators of State Universities (IKU-PTN) and develop activity
programs oriented to implementing the Merdeka Belajar-Kampus Merdeka
(MBKM) policy. To achieve the IKU requires cooperation from the smallest
organizational unit in the college. It encourages the COM@’s Student Association
to improve the performance achievement-based governance system to support IPB
University in implementing the MBKM Policy. This research aims to analyze the
alignment of the vision, mission, goals and IKU of the COM@’s student association,
formulate a strategy map, and analyze the results of measurements of the
performance of the COM@’s student association using the Balanced Scorecard
method. The approach used is qualitative and quantitative, with primary data from
focus group discussion (FGD) and secondary data from literature studies and
various relevant studies. The data were processed using Microsoft Excel 2019 with
a descriptive analysis method. The results of the performance measurement of the
COM@’s student association with the BSC approach obtained a value of 85.73 per
cent with good interpretation (expressed in green). This performance can be
improved by implementing programs in the form of strategic initiatives, especially
on key performance indicators that are still low.
Collections
- UT - Management [3354]