Analisis Technology Acceptance Model terhadap Financial Technology (Studi Kasus Pengguna DANA pada Masyarakat Jabodetabek
Abstract
Perkembangan teknologi mengakibatkan tingginya pengguna dan pelaku fintech di Indonesia. Aplikasi DANA merupakan salah satu jenis fintech yang berfungsi sebagai alat pembayaran. Meskipun masih terbilang baru, aplikasi ini sudah menjadi salah satu pilihan dan diterima oleh masyarakat. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis tingkat penerimaan pengguna DANA pada masyarakat Jabodetabek dengan memanfaatkan pendekatan technology acceptance model. TAM merupakan suatu pendekatan yang diakui dapat digunakan dalam menganalisis tingkat penerimaan pengguna dalam menggunakan sistem teknologi baru. Data didapatkan dengan cara penyebaran kuesioner secara online kepada responden. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis crosstabs serta data responden dianalisis menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) pada pendekatan Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived ease of use berpengaruh terhadap perceived usefulness, attitude toward using meningkat karena merasakan manfaat dan terdapat kemudahan dalam menggunakan aplikasi DANA, namun perceived ease of use tidak berpengaruh terhadap behavioral intention to use. Technological developments have resulted in a high number of fintech users and performers in Indonesia. The app DANA is a type of fintechs that works as a digital payment. Although is still relatively new, the app has become one of people’s choices. The objective of this research is to analyze the user acceptance of DANA to Jabodetabek people by using the technology acceptance model approach. TAM is a recognized approach used in analyzing user acceptance in using a new technology system. The data are obtained with an online questionnaire spread to respondents. The research is using descriptive analysis, crosstabs analysis, and SEM analysis with the PLS approach. The result shows that perceived ease of use is affected by perceived usefulness, attitude toward using is improving as the user’s achieved the useful and the ease of using the app. However, perceived ease of use is not affected by behavioral intention to use.
Collections
- UT - Management [3354]