Pengaruh Online Consumer Reviews terhadap Keputusan Pembelian pada High Involvement Products dengan mediasi Lokapasar Shopee dan Tokopedia di Kota Bogor
Date
2021Author
Kusuma, Mulia Arta
Hubeis, H Musa
Widyastuti, Hardiana
Metadata
Show full item recordAbstract
Tahun 2019-2020 (Q2) diketahui penetrasi internet di Indonesia mencapai 73,7% dengan jumlah pengguna internet 196.71 juta jiwa, angka tersebut meningkat 8,9% dari tahun 2018 dengan pertumbuhan pengguna 25.53 juta jiwa menurut APJII 2020. Data tersebut menunjukan toko offline mulai berubah menjadi toko online. Hal ini didukung oleh survei SIRCLO pada tahun 2020, platform belanja online yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia adalah marketplace (97% responden). Tujuan penelitian yang dilakukan adalah: mengidentifikasi karakteristik pelanggan Shopee dan Tokopedia, serta menganalisis pengaruh online consumer reviews terhadap keputusan pembelian pada high involvement products dengan mediasi lokapasar Shopee dan Tokopedia di Kota Bogor. Pada penelitian yang dilakukan digunakan teknik sampling non-probability, yaitu teknik purposive sampling dengan jumlah 100 responden yang memiliki karakteristik yang pernah berbelanja online melalui Shopee dan Tokopedia. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Score (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukan terdapat dua variabel yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan mediasi Shopee dan Tokopedia yaitu, Review Valence dan Source Credibility.
Collections
- UT - Management [3476]