SKINEE: Jasa Konsultasi Skincare Drugstore Berbasis Aplikasi
Date
2021Author
Kumoratih, Dewi
Zulbainarni, Nimmi
Sari, Linda Karlina
Metadata
Show full item recordAbstract
Penjulan produk skincare terutama skincare drugstore diprediksi mengalami petumbuhan pesat di Indonesia dari 4,752 juta US dollar menjadi 9,579 juta US dollar tahun 2012 hingga 2025. Namun disisi lain, para pengguna skincare drugstore justru menghadapi banyak masalah trial and error dalam penggunaan skincare drugstore. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen dan masalah dalam penggunaan skincare drugstore, menyusun model bisnis berupa aplikasi yang dapat membantu menyelesaikan masalah pengguna skincare drugstore serta menyusun prototype dari solusi yang ditawarkan. Penelitian ini menggunakan metode customer development yang difokuskan pada tahapan customer discovery. Hasil penelitian menunjukkan beberapa masalah yang dihadapi oleh pengguna skincare drugstore diantaranya yakni dalam menentukan jenis dan kondisi kulit, menentukan jenis skincare drugstore sesuai dengan jenis dan kondisi kulit, banyak menemukan produk yang tidak original di toko online dan menemukan sumber informasi berupa tips-tips kecantikan yang akurat sehingga muncul SKINEE. SKINEE adalah jasa konsultasi skincare drugstore berbasis aplikasi, aplikasi SKINEE memiliki lima fitur yaitu SkinScan, SkinChat, SkinQuiz, SkinStore dan SkinDiscovery. Berdasarkan hasil penelitian, semua responden potensial menyatakan fitur-fitur yang terdapat pada SKINEE dapat menyelesaikan masalah responden potensial pada penggunaan skincare drugstore. Hasil dari penelitian ini divisualisasikan dalam bentuk prototype maka dari prototype dari aplikasi SKINEE dibuat dengan desain dan warna yang simple serta navigasi yang smooth agar pengguna mendapatkan user experience yang memuaskan. Sales of skin care products, especially drugstore skincare, are predicted to experience rapid growth in Indonesia from 4.752 million US dollars to 9.579 million US dollars in 2012 to 2025. On the other hand, drugstore skincare users face many trial and error problems in using drugstore skincare. This study aims to identify consumer characteristics and problems in the use of drugstore skincare, develop a business model in the form of applications that can help solve the problems of drugstore skincare users and develop prototypes of the solutions offered. This study uses the customer development method which is focused on the customer discovery stage. The results showed several problems faced by drugstore skincare users including determining the type and condition of the skin, determining the type of drugstore skincare according to skin type and condition, finding many non-original products in online stores, and finding sources of information in the form of useful beauty tips. accurate so it appears SKINEE. SKINEE is an application-based drugstore skincare consulting service, the SKINEE application has five features, namely SkinScan, SkinChat, SkinQuiz, SkinStore and SkinDiscovery. Based on the results of the study, all potential respondents stated that the features contained in SKINEE could solve the problem of potential respondents in the use of drugstore skincare. The results of this study are visualized in the form of a prototype, so the prototype of the SKINEE application is made with simple designs and colors and smooth navigation so that users get a satisfactory user experience.
Collections
- UT - Business [433]