Strategi Adaptasi UMKM Kuliner pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Rumah Makan Haji Masduki, Kota Pekalongan)
Abstract
Rumah Makan Haji Masduki merupakan salah satu UMKM yang bergerak
dalam bidang kuliner khas Kota Pekalongan. Adanya pandemi Covid-19 membuat
rumah makan harus beradaptasi terhadap kondisi yang ada agar dapat
mempertahankan bisnisnya. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis dampak
pandemi Covid-19 terhadap rumah makan serta merumuskan strategi adaptasi yang
tepat bagi bagi Rumah Makan Haji Masduki pada masa pandemi Covid-19. Strategi
adaptasi dapat diterapkan dengan mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang,
dan ancaman untuk dapat mempertahankan dan mengembangkan bisnis di tengah
pandemi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis lingkungan
internal dan lingkungan eksternal, selanjutnya alternatif strategi dibuat dengan
menggunakan analisis SWOT kemudian dipilih strategi terbaik menggunakan
Analisis Hierarki Proses (AHP). Hasil dari penelitian ini yaitu strategi adaptasi yang
dapat diimplementasikan pada masa pandemi Covid-19 adalah mempertahankan
dan meningkatkan inovasi produk dan layanan dengan skor AHP sebesar 0,39. Haji Masduki Restaurant is one of the MSMEs that focuses on traditional
food field of Pekalongan City. The Covid-19 pandemic has made restaurants adapt
to existing conditions in order to maintain their business. The purpose of this
research is to formulate an adaptation strategy for the Haji Masduki Restaurant
during the Covid-19 pandemic. Adaptation strategies can be implemented by
identifying strengths, weaknesses, opportunities and threats to be able to maintain
and develop a business in the pandemic. The method used in this study is an analysis
of the internal environment and the external environment, then an alternative
strategy is made using a SWOT analysis and the best strategy is selected using the
Analythical Hierarchy Process (AHP). The result of this research is the adaptation
strategy that can be applied during the Covid-19 pandemic is maintain and improve
product and service innovation with a score of 0.39.
Collections
- UT - Management [3354]