MOSTUDI : Augmented Reality Dalam Penerapan Pembelajaran Masa Kini
Abstract
Wabah virus corona telah menjadi perhatian masyarakat dunia sejak 2020.
Pandemi tersebut memberikan dampak besar pada sektor pendidikan. Beberapa
sekolah harus melakukan pembelajaran melalui media daring. Ide bisnis Mostudi
berupa aplikasi yang didukung augmented reality diharapkan dapat menjadi
alternatif dalam media pembelajaran dan upaya untuk meningkatkan kualitas
pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang pembentukan aplikasi,
menyusun model bisnis yang sesuai, serta menawarkan solusi dari permasalahan
oleh aplikasi Mostudi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan purposive
sampling dengan pendekatan customer discovery. Pada penelitian ini ditemukan
permasalahan yang dirasakan oleh siswa/I dalam proses pembelajaran. Hasil
penelitian menjelaskan bahwa terdapat 45% dari keseluruhan responden tidak puas
dengan adanya platform pembelajaran saat ini, sehingga model bisnis dan prototype
Mostudi dengan bantuan integrasi augmented reality dapat menjadi solusi atas
permasalahan dari konsumen Coronavirus outbreak has been a concern of the world community since 2020. The
pandemic had a major impact on the education sector. Some schools have to do
learning through online media. Mostudi's business idea in the form of augmented
reality-powered applications is expected to be an alternative in learning media
and efforts to improve the quality of education. This research aims to design
application formation, develop appropriate business models, and offer solutions to
problems by Mostudi applications. This research was conducted using purposive
sampling with customer discovery approach. In this study found problems felt by
students in the learning process. The results explained that 45% of all respondents
are dissatisfied with the current learning platform, so mostudi's business model and
prototype with the help of augmented reality integration can be a solution to
problems from consumers.
Collections
- UT - Business [415]