Keberhasilan Program Corporate Social Responsibility dalam Pengembangan Ekonomi Lokal
Abstract
Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang tidak sekedar memperhatikan
dirinya kepada keuntungan semata. Corporate Social Responsibility atau CSR
merupakan program yang dirancang oleh perusahaan sebagai tanggung jawab atas
kehadirannya di tengah aktivitas masyarakat. Pada pelaksanaannya, program CSR
dapat dilaksanakan dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah di bidang
ekonomi. Keberhasilan suatu program CSR, baik dalam bidang ekonomi maupun
bidang lainnya, memerlukan komunikasi yang tepat untuk menunjang keberhasilan
program tersebut. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk menganalisis
hubungan antara komunikasi dalam program CSR, keberhasilan program CSR
dalam mengembangkan ekonomi lokal, dan hubungan strategi komunikasi dengan
keberhasilan program CSR dalam pengembangan ekonomi lokal. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang didukung oleh data
kualitatif. Data kuantitatif diolah menggunakan uji korelasi Rank Spearman dengan
pemilihan responden yang menggunakan metode pengambilan acak sederhana.