Penentuan Rancangan Optimum pada CBC (ChoiceBased Conjoint)
Abstract
Metode riset pemasaran yang mutakhir dan dipandang sesuai dan terbaik dalam mencerminkan preferensi, perilaku dan kepuasan konsumen adalah Choice Based Conjoint (CBC). Isu yang sulit untuk dijawab pada CBC oleh periset pasar yaitu penentuan jumlah concept per task , jumlah task per version serta jumlah version yang akan digunakan. Bahan yang digunakan pada penelitian ini adalah nilai-nilai uji efisiensi dari rancangan CBC yang dihitung menggunakan software dari Sawtooth trial version SMRT/CBC System berbasiskan windows. Metode pembangkitan rancangan yang dipilih adalah Complete Enumeration . Peubah-peubah yang mempengaruhi nilai efisiensi rancangan CBC secara umum bertambahnya nilai efisiensi adalah jumlah atribut, Tarafatribut , jumlah taraf, jumlah task , jumlah concept dan jumlah version. Model umum didekati dengan menggunakan model regresi logistik, yaitu efisensi 1 exp( ( )) exp( ( )) g x g x + = dimana g(x) = -0,448 Jumlah atribut + 0,4E-07 Taraf atribut -1,055 Jumlah taraf + 0,293 Jumlah Task + 0,723 Jumlah Concept + 0,812 Jumlah Version. Model tersebut mengasumsikan peubah efisiensi ditentukan, peubah jumlah atribut dan jumlah taraf sebagai peubah tertentu dan hanya berlaku untuk kasus jumlah taraf dari setiap atribut sama. Sehingga model tersebut dapat dituliskan sebagai k = f (task,concept, version) . Penambahan jumlah version lebih efektif dibandingkan dengan menambah jumlah concept dan jumlah task. Semakin bertambahnya jumlah version yang digunakan sehingga akan menambah keragaman antar responden. Penambahan jumlah concept dan jumlah task hanya akan menambah keragaman dalam responden dalam melakukan pemilihan, sehingga akan menambah galat murni dari percobaan.